Di Pameran HUT ke-63 Paser, Bakesbangpol Sediakan Kuesioner Wasbang Bertabur Hadiah

Tana Paser – Pada pameran peringati HUT ke-63 Kabupaten Paser, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) membuat kuisioner berhadiah yang berisi materi wawasan kebangsaan (wasbang) dan pendidikan politik sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Pembuatan kuesioner ini mendapat dukungan dari Partai Politik, khususnya yang memperoleh kursi di DPRD dengan menyediakan berbagai macam hadiah seperti kulkas, mesin cuci, dispenser, kipas angin, blender, setrika dan lain lain.

Lembaran kuisioner diberikan kepada para pengunjung stand pameran Kesbangpol di area Gentung Temiang KM 5, selama pameran HUT ke-63 berlangsung hingga 29 Desember.

“Hingga saat ini sudah habis 800 lembar kuisioner berhadiah yang diisi oleh para pengunjung, kami akan terus mencetak kuisioner karena masyarakat masih terus berdatangan,” kata Kepala Badan Kesbangpol Paser, Nonding, Selasa (27/12).

Pertanyaan dalam kuisioner yang dibagikan itu, kata Nonding, seputar wawasan kebangsaan soal empat pilar negara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Saat ini masyarakat sudah banyak yang lupa pancasila sehingga nilai nilai yang terkandung dalam pancasila itu tidak lagi menjadi praktek hidup dari sebagian masyarakat kita,” ucapnya.

Oleh karena itulah maka Badan Kesbangpol sebagai perangkat daerah yang memiliki tugas dan fungsi pembinaan wawasan kebangsaan memanfaatkan momentum stand pameran untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pengetahuan kebangsaan sehingga masyarakat menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Selain pertanyaan tentang wawasan kebangsaan, dalam kuisioner itu juga terdapat pertanyaan tentang pendidikan politik khususnya kepemiluan.

Seperti diketahui bahwa pada tanggal 14 Februari tahun 2024, akan digelar Pemilu serentak, kemudian tanggal 27 November dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilihan Gubernur dan Bupati).

Nonding mengatakan, kuesioner itu akan diundi pada tanggal 29 Desember 2022 pukul 20.00 wita. Oleh karena itu masyarakat yang sudah mengisi kuesioner diimbau agar datang ke stand pameran Kesbangpol dengan membawa nomor undiannya.

“Kalau tidak datang meskipun nomornya keluar maka akan dianggap batal dan diundi kembali,” ujar Nonding

Tugas Kesbangpol selain pembinaan wawasan kebangsaan, juga melakukan pembinaan kepada organisasi kemasyarakatan dan partai politik.

Nonding mengatakan partai politik juga mempunyai peran dalam memberikan pendidikan politik dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

Pada tahun 2022 Pemkab Paser sudah memberikan bantuan sebesar Rp 716 juta kepada 11 partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Paser yang akan digunakan untuk pendidikan politik dan kegiatan penunjang kesekretariatan Parpol sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Pewarta : Hutja Editor ; Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *