Pengurus FKDM dan trantib kecamatan bakal dibekali diklat intelijen

Tana Paser – Badan Intelijen Negara (BIN) akan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) intelijen bagi pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di setiap kecamatan pada Oktober mendatang.

“Diklat intelijen bagi FKDM dan seksi ketentraman dan ketertiban (trantib) di setiap kecamatan salaman rangka mendukung kelancaran Pemilu serentak 2024,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Paser, Nonding, Rabu (20/9).

Direncanakan, kata Nonding, diklat akan diikuti 50 orang di mana setiap kecamatan diikuti lima peserta.Narasumber akan didatangkan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan BIN dan kegiatannya akan dilaksanakan di Tanah Grogot.

Nonding mengemukakan umumnya diklat intelijen bisa memakan waktu minimal satu pekan. Namun pelaksanaannya nanti akan dipersingkat menjadi dua hari.”Makanya kemarin (Selasa) kami konsultasi ke Pusdiklat BIN agar bagaimana kegiatannya nanti bisa efektif dalam waktu dua hari,” ujar Nonding.

Menurut dia, banyak masukan dan informasi yang didapatkan dari hasil kunjungan ini yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan dan acuan untuk pelaksanaan diklat Intelijen di Paser seperti materi atau silabus dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan diklat.Kegiatan semacam ini baru pertama digelar Bakesbangpol Paser.

Oleh karenanya Nonding berharap pengurus FKDM Kecamatan mampu memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.Ia berharap dari diklat itu pengurus FKDM mampu membuat laporan informasi terkait potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) keamanan di wilayahnya masing masing meskipun pelaksanaan diklat hanya dua hari.

Ke depan kata Nonding, Badan Kesbangpol akan terus meningkatkan pelaksanaan diklat intelijen ini.

Nantinya diklat tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Paser tapi bisa juga dilaksanakan di Pusdiklat BIN. “Kita akan merencanakan menjalin kerjasama dengan Pusdiklat BIN dimana pelaksanaan Diklat akan diadakan di Pusdiklat BIN,” tuturnya.

Di Pusdiklat BIN, Nonding diterima Kepala Bidang Pendidikan Pusdiklat BIN Kol.Sony S.Kedatangan Nonding di Pusdiklat BIN bersama Analis Kebijakan Ahli Muda Nelson Pasaribu dan Analis Intelijen Suhadi Syarif.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *