Segera, Listrik Sejumlah Desa di Paser Diresmikan

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Syarifah Masitah Assegaf menerima kunjungan Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN Kaltim-Kaltara, Rahmatan, di ruang kerjanya, Jumat (17/12/2021). Turut mendampingi Kepala Unit Layanan Pelangga PLN Tanah Grogot, Bambang.

Kunjungan PLN ke kantor Wakil Bupati perihal rencana peresmian listrik di desa Swan Slutung, Sungai batu, dan Sungai langir, dan beberapa desa lainnya. “Untuk tahun 2021, ada 10 desa yang akan dialiri listrik,” kata Wabup Paser Masitah.

Kesepuluh desa itu antara lain Desa Lomu, Riwang, Pengguren Jaya, Segendang, Prepat, Sungai Langit, Sunye Batu, Muara Lambakan, Swan Slutung, dan Rantau Atas.

Sisanya, masih ada 10 desa yang belum teraliri listrik dan direncanakan diselesaikan pada tahun 2022 diantaranya Desa Kepala Telake, Labuang Kallo, Harapan Baru, Selengot, Muara Adang dan Keladen.

Umumnya desa tak terjangkau jaringan listrik disebutkan di atas adalah daerah pesisir atau wilayah tak terjangkau akses transportasi darat. Untuk kasus ini akan diatasi dengan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Desa Lomu dan Segendang yang saat ini belum teraliri listrik menjadi prioritas PLN karena persoalan dua desa itu menyangkut KWH dan jaringan.”Harapan Pemerintah Daerah persoalan listriknya ini bisa diselesaikan secara bertahap dan kami akan terus mengawal ini,” kata Masitah.

Manager UP2K PLN Kaltim Rahmatan mengapresiasi sinergi Pemerintah Daerah dan PLN atas pelistrikan yang berjalan baik.”Ada beberapa tempat yang tidak bisa mendukung aliran listrik sehingga kami memprioritaskan beberapa tempat. Semoga 10 desa tersisa bisa teraliri listrik,” ucap Rahmatan.

Pewarta : Adhitia, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *