Loyu Bile, Wisata Air Sungai Selerong Muara Komam

TANA PASER, MCKabPaser – Bagi anda yang suka wisata air, tempat ini bisa menjadi pilihan. Loyu Bile, demikian nama sungai di Desa Selerong Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser ini.

Di tempat ini pengunjung bisa menikmati kesegaran sungai dengan berendam, atau bermain tubing, yaitu berselancar menggunakan ban mengikuti arus sungai yang membelah hutan belantara.

Air di sungai ini masih jernih. Sungainya juga tidak terlalu dalam sehingga cocok buat anda yang ingin berekreasi bersama keluarga.

Perlu keseimbangan saat berselancar di atas ban. Diameter ban juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh sehingga saat digunakan bisa seimbang.

Beruntung arus sungai di sini tidak terlalu deras. Pengunjung jadi bisa mengatur kecepatan laju ban yang dikendarai.

Jarak Loyu Bile tidak jauh dari jalan poros lintas Provinsi Kaltim Kalsel. Sekitar 500 meter untuk bisa sampai di sana, melalui jalan setapak yang sudah disemenisasi. Di kanan kiri anda akan menemukan pepohonan hutan rindang.

Awalnya tempat ini hanya pemandian warga setempat. Namun setelah sedikit ada beberapa sentuhan yang dilakukan camat Muara Komam dan Kades Selerong, tempat ini tak kalah menarik dibanding pemandian alam lainnya.

Rencananya di tempat ini akan disediakan fasilitas seperti mushalla, parkir motor, dan WC umum. Juga akan disediakan lokasi kamping bagi yang ingin bermalam, sudah lengkap dengan paket kulinernya.

Bagi yang hobi bersepeda juga akan disediakan penyewaan sepeda. Di sini juga akan dilengkapi dengan permainan ATV, atau permainan sepeda motor roda empat. Bagi yang suka olahraga tebing, ada spot yang bisa digunakan untuk dicoba.

“Ide menjadikan tempat ini sebagai objek wisata berawal dari keinginan mencari tempat hiburan alternatif. Namun tidak disangka setelah diumumkan melalui media sosial respon masyarakat cukup tinggi,” kata Camat Muara Komam Abdul Rasyid.

Pemerintah baik pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, kata Rasyid, bersama masyarakat akan mengelola tempat wisata ini.

“Kedepannya akan dikembangkan konsep kamping, tubing, arena sepeda, mootr mini, rumah pohon, hingga outbound, dengan dilengkapi kuliner lokal,” tambahnya.

Kepala Desa Selerong Norjani mengatakan Pemerintah Desa akan menganggarkan dana untuk mengembangkan tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang standar.

Keberadaan Loyu Bile diharap bisa menjadi tempat rekreasi alternatif warga sekitar, bahkan bukan tidak mungkin jika dikelola dengan baik bisa menjadi daya tarik Kecamatan Muara Komam khususnya terlebih daya tarik bagi Kabupaten Paser.

Pewarta : Hutja Prasetya, Editor : Ropi’i

Total Views: 1825 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *