DLH : Sertifikat Sudah Dapat, Mudahan Tahun ini Dapat Piala Adipura-nya

Tana Paser – Pada tahun 2018 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Paser mendapat sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tahun ini, Kabupaten Paser kembal masuk dalam penilaian penghargaan tersebut. Harapannya, mendapatkan piala Adipura.

“Semoga tahun ini dapat Piala Adipura, sebelumnya yang kita dapat sertifikat Adipura,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Paser Achmad Safari, Rabu (23/11).

Adipura merupakan penghargaan dari KLHK kepada pemerintah daerah yang memiliki komitmen meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup perkotaan.

Safari mengatakan pengumuman penghargaan Adipura dijadwalkan pada awal tahun 2023.
Dalam rangka penganugeraan penghargaan tersebut sebelumnya sebanyak 4 tim penilai dari KLHK dan Pemerintah Provinsi Kaltim telah melakukan penilaian ke Kota Tanah Grogot.

Adapun yang dinilai, kata Safari, adalah kebersihan kota, pengelolaan sampah, pengelolaan kompos, hingga tanaman peneduh di perkotaan.

“Lokasi yang dinilai mulai dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA), terminal, perkantoran, kawasan pemukiman, sekolah, dan ruang terbuka hijau dan rumah sakit,’ ujarnya.

Untuk Kabupaten Paser, dalam penilaian Adipura masuk kategori kota kecil. Selama ini Kabupaten Paser belum pernah mendapat penghargaan Piala Adipura.

Baik sertifikat maupun piala Adipura, keduanya merupakan penghargaan kepada Pemda yang telah melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik. Ada sedikit perbedaan antara sertifikat dan piala Adipura. Bobot nilai untuk piala Adipura lebih besar ketimbang sertifikat Adipura.

“Tapi untuk sertifikat, KLHK melihat, minimal daerah sudah masuk standar minimal penilaianan,” ucap Safari.

Namun yang pasti, menurut dia, sertifikat Adipura yang pernah diraih Kabupaten Paser, merupakan bukti apresiasi KLHK kepada Pemda Paser.
“Apresiasi dibeirkan karena dinilai telah melakukan pengelolaan lingkungan secara signifikan,” katanya. Safari berharap piala Adipura dapat diraih Kabupaten Paser. Kami akan terus berupaya meningkatkan pengelolaan lingkungan guna kehidupan yang bersih dan berkualitas.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 6 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.