Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Puskesmas Senaken Gelar Pelatihan Service Exellence

TANA PASER, MCKabPaser – Guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, UPTD Puskesmas Senaken menggelar pelatihan service exellence atau pelayanan prima kepada 26 pegawai Puskesmas Senaken.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Putih jalan R.A. Kartini itu menghadirkan 2 orang fasilitator sebagai narasumber. Pelatihan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas pertama pada 29 Oktober dan kelas ke dua 30 Oktober 2022.

Kepala UPTD Puskesmas Senaken dr. Riska Ulfah mengatakan berdasarkan survey kepuasaan masyarakat yang dilakukan pihaknya bahwa indeks kepuasan masyarakat di Puskesmas Senaken masih dalam predikat baik.

“Makanya kita beri pelatihan ini sehingga dapat memotivasi jajaran Puskemas Senaken untuk memberikan pelayanan terbaik atau prima kepada masyarakat,” kata Riska, Sabtu (29/10/2022).

Ia menyebutkan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan serta meminimalisir komplain masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan.

Dirinya berharap dengan diadakannya pelatihan ini, nantinya pegawai UPTD Puskesmas Senaken dapat meningkatkan kapasitasnya dalam memberikan pelayanan terbaik. Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dan rencana akan digelar setiap tahun.

“Terutama untuk kepeduliannya, komunikasi aktifnya dalam pelayanan dan juga menerima komplain serta bagaimana cara mengatasinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser I Dewa Made Sudarsana saat membuka kegiatan tersebut menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini.

“karena pelatihan Service exellence ini akan memberi dampak pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Paser,” ujarnya.

Dikatakan Dewa bahwa kegiatan di Puskesmas merupakan kerja tim yang tidak bisa dilakukan sendiri.

“Kalau tim tidak bagus maka dampak penilaian dari masyarakat pasti tidak akan baik, karena kesalahan satu personal saja akan dianggap pelayanan kita tidak baik,” pungkasnya.

Untuk itu lanjut Dewa, kewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai visi dan misi Kabupaten Paser MAS yaitu Maju, Adil dan Sejahtera sejalan dengan kegiatan pelatihan ini.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa berkembang di Puskesmas lainnya,” tutupnya

Penulis : Asmaul, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *