120 Pelaku UMKM Ikuti Kewirausahaan, Bupati: Kontribusi Mereka Sangat Besar

Tana Paser – Sebanyak 120 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Paser mengikuti pelatihan kewirausahaan mandiri yang digelar PT. Indomarco atau Indomaret, di gedung Awa Mangkuruku, Rabu (21/6).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Adi Maulana yang mewakili Bupati Paser. Dalam sambutan Bupati yang disampaikan Adi dikatakan, saat ini terdapat 45.342 pelaku UMKM di Paser yang memiliki andil terhadap perekonomian daerah.

“Besarnya kontribusi yang diberikan oleh para pelaku UMKM terhadap pemerintah,  membuat pemerintah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM  Kabupaten Paser dengan beberapa dinas terkait untuk terus berupaya meningkatkan kualitas dari UMKM kita,” katanya.

Pemkab Paser, kata Adi, tidak hanya fokus pada peningkatan kuantitas UMKM, namun yang paling penting adalah seberapa berkualitasnya UMKM yang ada saat ini.

“Selain memberikan sarana pendukung berupa peralatan dan perlengkapan usaha, juga sebagai wadah sharing (berbagai) ilmu seperti yang saat ini kita laksanakan,” imbuhnya.

Pemkab Paser, lanjutnya, terus berupaya merangkul para pelaku usaha mulai dari peningkatan kualitas produksi dan inovasi UMKM, bagaimana cara packaging yang menarik namun tetap efisien, seperti apa manajemen dan perencanaan keuangan yang baik serta branding dan digital marketing UMKM.

Dalam sambutan itu Bupati mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) atas kepeduliannya terhadap para pelaku UMKM Paser. Hal ini dapat dilihat pada acara yang dilaksanakaan saat ini.

“Semangat dari Indomaret untuk berbagi ilmu kepada 120 pelaku UMKM Paser mematahkan persepsi masyarakat awam yang menilai bahwa keberadaan Indomaret di Kabupaten Paser akan memonopoli pasar tradisional,” ucap Adi.

Bupati menyebut kegiatan pelatihan ini menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap visi Paser MAS, yaitu Maju dalam makna  “meningkatkan dan menggandakan nilai dari potensi yang telah dimiliki agar mampu berhasil guna serta berdaya saing”.

Pelatihan ini dihadiri Pimpinan PT. Indomarco cabang Kaltim-Kaltara dan pimpinan PT. Indomarco Samarinda. Narasumber pelatihan antara lain dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM,  Disperindagkop UKM Kaltim, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan PT. Indomarco Prismatama.

Kepala Disperindagkop Paser Yusuf berharap melalui pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara luas. “Semoga nanti produk mereka bisa dijual di Indomaret, bukan hanya Indomaret di Kabupaten Paser, tapi secara luas di Kaltim,” ujar Yusuf.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *