DTPH Harap Penas KTNA sebagai motivasi petani untuk Berinovasi

Tana Paser – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Erwan Wahyudi berharap kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menjadi wadah bertukar informasi petani dan nelayan dari Kabupaten Paser dengan petani luar daerah.

“Karena tujuan Penas KTNA untuk memajukan petani dan pertanian dalam menghadapi setiap perubahan di bidang pertanian,” kata Erwan, Selasa (6/6).

Rombongan peserta Penas KTNA dari Kabupaten Paser yang berjumlah 48 orang terdiri dari petani, nelayan, dan pendamping dari perangkat daerah, telah dilepas Bupati Paser yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Murhariyanto, kemarin.

Erwan menambahakan, pada kegiatan Penas yang akan dilaksanakan di Padang sejak 10 hingga 15 Juni itu, akan dilaksanakan berbagai kegiatan meliputi konsolidasi petani dan nelayan, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan tukar informasi berkaitan pertanian dari daerah masing-masing.

Dalam kegiatan itu juga akan digelar berbagai kegiatan adu ketangkasan atau perlombaan antar petani dan nelayan.

Dalam kegiatan itu antar petani dan nelayan juga saling berbagi informasi tentang bentuk kemitraan yang sudah dijalankan dalam rangka pengembangan pertanian, cara promosi hasil pertanian, dan potensi di setiap daerah.

Adapun tema Penas tahun ini, kata Erwan, yaitu memantapkan penguatan potensi dan posisi tawar komoditi lokal untuk mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045.

Di Penas Padang nanti juga akan digelar temu wicara dengan Presiden dan pejabat negara.

“Harapan kami kegiatan Penas KTNA mampu memotivasi semua pihak, utamanya penyuluh beserta para pserta untuk menghadirkan terobosan terbaru,” ucap Erwan.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *