Dewas Perumda Tirta Kandilo Ikuti Rakernis, Pelajari Inovasi PDAM Surabaya dan Malang

Tana Paser – Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Tirta Kandilo Kabupaten Paser, Ina Rosana, mengikuti rapat kerja teknis (rakernis) Asosiasi Dewan Pengawas Perumda Air Minum seluruh Indonesia yang digelar di Surabaya sejak 7 sampai 10 Maret 2023.

“Rakernis ini membahas tentang penguatan Dewas dalam pembinaan dan pengawasan PDAM,” kata Dewas Perumda Air Minum Tirta Kandilo, Ina Rosana, Rabu (8/3).

Ina mengatakan tujuan kegiatan rakernis dalam rangka penguatan dan pembinaan Perumda Air Minum di seluruh Indonesia.

Dalam rakornis ini, peserta mendapatkan materi dari berbagai nara sumber diantaranya Dr. Drs. H. Budi Santoso, Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Sementara materi tentang Pengawasan dan Pengelolaan Perumda, disampaikan Riris Prasetyo selaku Kasubdit BUMD Bidang Air Minum Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Para peserta rakernis juga mengikuti materi tentang kebijakan dan penyusunan anggaran Direksi dan Dewan Pengawas PDAM dengan narasumber H. lalu Ahmad Zaini selaku Ketua Umum Perpasi atau Dirut PT Air Minum Giri Menang (Perseroda).

Untuk materi teknik evaluasi dan pengawasan invetasi PDAM disampaikan Yuda Andrian Saputra (Dosen ITS/ Komite Audit Barata). Pada sesi ini, Dewas PDAM Tirta Kandilo Ina Rosana bertindak selaku moderator.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari pada 8 Maret yang bertempat di hotel Swiss Bellin Manyar. Para peserta rakornis selanjutnya dijadwalkan mengunjungi PDAM Kota Surabaya dan Malang.

“Kunjungan ke PDAM Kota Surabaya dan Malang untuk mempelajari inovasi-inovasi yang sudah dijalankan di perusahaan tersebut,” ujar Ina Rosana.

Inovasi dimaksud antara lain inovasi IT PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, aplikasi mobile custumer information systen, SOCC (service and Operation Commad Center) dengan narasumber Arief Wahyu selaku Dirut PDAM Kota Surabaya yang juga merupakan sekretaris Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Di kota Malang para peserta rakernis juga akan mempelajari inovasi-inovasi yang lebih kurang sama dengan inovasi pada PDAM Surabaya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *