Dikelola Agar Lebih Rapi, UPTD Pasar Penyembolum Senaken Relokasi 448 Pedagang

TANA PASER, MCKabPaser- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Penyembolum Senaken Kabupaten Paser Kalimantan Timur, merelokasi 448 pedagang ke dua tempat yaitu blok A dan blok B dalam rangka penataan lahan parkir di pasar tersebut, Rabu (08/11/2021).

“Tujuan wilayah ini dibongkar untuk dibalikkan ke fungsi awal yaitu lahan parkir kendaraan sebagaimana arahan dari Bupati Paser,” kata Kepala UPTD Pasar Penyembolum Senaken, Arsyad.

Pembongkaran dimulai sejak kemarin (07/11/2021) karena bangunan rolling door sudah siap semua. Kata Arsyad, bagi para pedagang yang petak atau tokonya belum selesai 100 persen di blok A dan B sementara akan diberikan waktu hingga hari Rabu. Ada 38 pedagang di luar Blok A dan B direlokasikan ke Pasar Penampungan. Sementara di blok A ada 218 pedagang, di blok B 192 pedagang, dan di luar dari blok A dan Bsekitar 38 pedagang.

Arsyad menegaskan jika hingga batas akhir para pedagang belum membongkar maka pihaknya yang akan membongkar.Diakui Arsyad dirinya mengalami kendala saat proses pembongkaran. Misal, di blok A yang diperuntukkan penjual sayur, sementara di tempat itu sebelum dipindahkan sudah diisi penjual selain pedagang sayur mayur atau pedagang kelontongan.Pedagang kelontongan meminta bagunan disamakan dengan blok B, menggunakan dinding permanen.

Untuk keputusan terkait hal itu kami menunggu keputusan lebih lanjut.”Hari rabu kami akan ada rapat dengan DPRD membahas hal ini,” kata Arsyad.

Lanjut Arsyad untuk blok A diperuntukkan pedagang campuran, sedangkan untuk blok B ada 192 pedagang kelontongan.Dalam relokasi ini pihak pasar menggunakan anggaran dinas UPTD.”Terkait aturan terkait penempatan pasar kita sesuai Perda,” jelasnya.

Ia berharap dengan relokasi ini pedagang dapat berjualan dengan tenang dan pengunjung juga merasa nyaman berbelanja.”Jalur parkir dan jalan juga menjadi nyaman,” ucapnya.

Salah satu pedagang Induk Penyembolum Senaken, Abdurahman (43 tahun) mengatakan dengan relokasi ini membuat kondisi pasar lebih tertata dan rapi.Abdurahman mengapresiasi Pemkab Paser yang telah merolokasi tempat.”Terimakasih Pemkab Paser karena telah membantu kami, semoga kedepannya lebih baik,” kata Abdurahman.

Pewarta : Adhitia, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *