Dinas Ketahanan Pangan Paser Fasilitasi Penumbuhan dan Pembentukan Toko Mitra Tani

Tana Paser, MCKabPaser- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser akan menumbuhkan atau membentuk Toko Mitra Tani guna memudahkan para petani dalam memasarkan hasil produksi pertanian.

“Kami akan bentuk Toko Mitra Tani untuk memasarkan hasil produksi pertanian dan peternakan, karena selama ini mereka kesulitan untuk memasarkan produk mereka dengan harga yang wajar,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser Taharuddin, Rabu (16/03/2022).

Dengan menumbuhkan Toko Mitra Tani tersebut, kata Taharuddin, nantinya dapat menampung hasil produksi pertanian seperti sayuran, buah, cabe, tomat, dan sebagainya.

Upaya itu, lanjut dia, juga dalam rangka memfasilitasi pemasaran dan peningkatan pendapatan petani.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membantu penyediaan atau pasokan pangan segar asal tumbuhan terutama bagi rumah tangga di pedesaan sekaligus harga yang terjangkau,” ucap Taharuddin.

Selain membentuk Toko Mitra Tani di Kota Tanah Grogot, kata Taharuddin, juga akan dibentuk toko serupa di kecamatan yang menjadi sentra pangan seperti Kecamatan Kuaro, Pasir Belengkong, Long Ikis, dan Long Kali.

“Untuk toko tani di Tanah Grogot direncanakan beroperasi setelah lebaran, sekitar bulan Juni tahun ini. Toko yang di kecamatan masih dalam tahap koordinasi internal kami dengan kelompok tani,” ujarnya.

Taharuddin mengemukakan selain memasarkan hasil produksi pertanian, toko tani juga akan menjual kebutuhan sembako melalui kerjasama toko lainnya dan Bulog.

Ia memastikan harga yang dijual menyesuaikan pasar dan tidak melebih Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kami pastikan harga tidak melebihi harga umumnya, kami akan kendalikan harga, karena tujuannya untuk menjaga jangan sampai terjadi inflasi,” tutup Taharuddin.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *