Disbunak Paser Suntik 2.050 Dosis Vaksin Rabies Gratis

TANA PASER, MCKabPaser – Dalam rangka memperingati hari rabies sedunia yang jatuh pada 28 September 2021, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten  Paser melaksanakan vaksinasi  rabies terhadap hewan peliharaan milik  mayarakat secara gratis,  di  Unit  Pelaksana Teknis Daerah  (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan, Rabu (15/9/2021).

“Kami laksanakan vaksinasi selama  dua hari. Namun berbeda dengan sebelumnya kita lasanakan dengan protokol Covid-19  sehingga dengan bergantian, dan juga pendaftaranya secara online,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan  Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disbunak Paser, drh. Al Habib.

drh Al Habib  menyebutkan  terdapat  250 dosis vaksin rabies yang disuntikan pada  hewan  peliharanan  milik masyarakat. Sebelumnya  Disbunak Paser juga telah melakukan vaksinasi rabies sebanyak 1.800 dosis. Sehingga total vaksin yang disuntikan sebanyak 2.050 dosis.

“Vaksinasi ini untuk mencegah penyebaran virus rabies pada hewan seperti kucing, anjing, bahkan monyet. Sebab sampai saat ini tidak ditemukan obat rabies,” kata drh. Al Habib.

Penyebaran rabies dari hewan ke manusia di Kabupaten Paser sempat terjadi pada tahun 2014 lalu, namun segera bisa ditangani.

“Sempat terjadi pada tahun 2014  salah satu anak tergigit anjing liar namun beruntung masih bisa ditangani,” kata drh. Al Habib.

Dikemukaan drh. Al Habib jika rabies menular pada hewan yang umumnya dikonsumsi masyarakat, dipastikan hewan tersebut tidak bisa dikomsumsi.

Sementara  itu Kepala Disbunak  Paser Djoko Bawono berharap program vaksinasi rabies dapat dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mencegah penularan penyakit tersebut di daerah.

“Saya harap setiap tahunya bisa terselengara. Semoga bisa didukung dengan alokasi anggaran yang cukup. Sebab vaksinasi bukan hanya dilaksanakan di Tanah Grogot, tapi seluruh kecamatan,” ucapnya.

FOTO : Rizky

Pewarta : Rizky, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *