Sembilan Inovator Paser Juara TTG Tahun 2021

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Masitah Assegaf membuka Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten tahun 2021 di Gedung Megah Berjaya Kecamatan Muara Samu, Rabu (22/09/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten Paser ini juga dirangkai dengan pameran produk unggulan khas desa se-Kabupaten Paser.

Wabup Paser Masitah mengatakan TTG merupakan ajang untuk menampilkan inovas-inovasi dari para inovator masing-masing desa.

Menurut dia, keberadaan inovator dari setiap desa dapat mendorong perekonomian di masing-masing desa. “Sehingga dengan adanya inovator, dapat menggerak perekonomian masyarakat desa,” ucapnya.

Wabup Paser Masitah berpesan kepada DPMD Paser untuk melakukan pembinaan secara serius terhadap para inovator TTG dan pengurus Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes).

“Agar dibantu oleh instansi terkait, supaya para inovator ini bisa lebih maju,” ucapnya.

Kepala Seksi Pengembangan TTG pada DPMD Paser, Agus Wahono mengatakan kegiatan ini merupakan pameran TTG ke-8 yang pernah digelar Pemerintah Daerah.

“Kegiatan lombanya sudah dilaksanakan pada bulan Juli, saat ini adalah pameran dan pembagian hadiah,” katanya.

Lomba TTG tahun ini diikuti 40 inovator, yang dinilai oleh Tim gabungan dari PMD, Dinas kesehatan, Dinas Pertanian, Disperindagkop UKM, serta penilai dari akademisi seperti SMK, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Tanah Grogot.

Agus mengatakan, dari 40 inovator itu diperoleh 9 pemenang, dimana 6 pemenang diantaranya untuk kategori TTG unggulan, dan 3 pemenang kategori TTG Inovasi.

Untuk Kategori Posyantek berprestasi klasifikasi posyantek antar desa adalah Posyantek antar desa maju bersama kec. Tanah Grogot, dan klasifikasi Posyantekdes adalah Posyantekdes Uko Kecamatan Muara Komam.

“Setelah pengumuman ini, di tahun 2022 pemenang akan dikirim ke tingkat nasional. Harapan kami kegiatan ini bisa memotivasi para inovator dapat memajukan desa melalui invoasinya,” ucapnya.

FOTO: Adhitia

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *