Dishub Paser : Pembangunan jembatan timbang rampung akhir tahun

Tana Paser – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser, Inayatullah, mengatakan pembangunan jembatan timbang di Kecamatan Kuaro direncanakan rampung akhir tahun ini. “Sehingga pada tahun 2024 sudah bisa dioperasikan,” kata Inayatullah, Selasa (5/9).

Saat ini, kata Inayatullah, pembangunan jembatan timbang tersebut sudah masuk tahap finalisasi dengan membuat lapangan parker dan jembatan timbang. “Harapannya, kegiatan angkutan barang khususnya kelapa sawit maupun batu bara bisa termonitor muatannya sesuai dengan kelas jalan yang ada,” tambahnya.

Inayatullah mengatakan tidak semua daerah di Kalimantan Timur, mendapatkan anggaran untuk pembangunan jenbatan timbang. “Di Kaltim hanya Paser dan Balikpapan. Semua berkat usulan beserta studi kelayakan yang kita presentasikan ke Dirjen Perhubungan Darat,” katanya.

Inayatullah berharap dengan adanya jembatan timbang, angkutan yang beroperasi di Paser bisa mematuhi ketentuan jumlah muatan sesuai kelas jalan. “Sehingga dampak kerusakan jalan akibat muatan berlebih dapat diminimalisir serta menjadikan lalu lintas lancar dan menciptakan jalan yang berkeselamatan,” ujar Inayatullah.

Nantinya pengelolaan jembatan timbang itu akan dilakukan oleh Kemenhub. Namun menurut Inayatullah tidak menutup kemungkinan akan dikerjasamakan dengan Pemkab Paser.

Setiap kendaraan angkutan barang yang melintas nantinya, diharuskan untuk masuk pada area jembatan timbang guna ditimbang terlebih dahulu.
Diketahui jembatan timbang itu nantinya memiliki kapasitas 80 ton dan dimensi platform 18 x 3 m2 50 ton, diperuntukkan untuk setiap kendaraan bermotor dengan angkutan barang, maupun alat berat.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *