DKP Paser Wujudkan Desa Kuat Pangan Cegah Stunting

Tana Paser – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser melakukan pengembangan program ketahanan pangan di desa Seniung Jaya Kecamatan Pasir Belengkong, Rabu (15/06/2022), dalam rangka mewujudkan desa kuat pangan.

“Setiap desa harus mandiri secara pangan dengan memanfaatkan potensi lokal desa baik itu melalui kegiatan pertanian ataupun peternakan,” kata Kepala DKP Paser Taharuddin.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021, kata Taharuddin, telah mengamanatkan 20 persen dana desa digunakan untuk ketahanan pangan dan hewani.

Dari 139 desa di Kabupaten Paser, lanjutnya, setiap desa memiliki keberagaman kegiatan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan lokal.Saat ini, dari 10 kecamatan, DKP Paser telah menyosialisasikan program ketahanan pangan di 3 kecamatan yakni Kecamatan Muara Komam, Pasir Belengkong, dan Batu Engau.

“Beberapa desa ada juga yang aktif mengundang untuk kegiatan ketahanan pangan,” ujarnya

Dikemukakan Taharuddin, sasaran program ketahanan pangan adalah rumah tangga miskin di setiap desa yang tergabung dalam kelompok tani, kelompok wanita tani, PKK, Kelompok Usaha Bersama, dan karang taruna.

“Masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam, pembuatan hidroponik, rumah bibit, demplot pertanian, dan kegiatan pertanian dan peternakan lain,” ucap Taharuddin.

Taharuddin berharap setelah diberikan sosialisasi tersebut, desa bisa memperkuat cadangan pangan, mengantisipasi kerawanan pangan, dan meningkatkan kesejahteran masyarakat.

“Hasil pertanian dan peternakan bisa dipasarkan dan itu menjadi nilai ekonomis masyarakat desa. Sehingga dengan begitu masyarakat bisa mencegah terjadinya stunting atau gizi buruk pada balita,” kata Taharuddin.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 6 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *