Disnakertrans Paser Bentuk Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan

Tana Paser – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan membentuk Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) yang melibatkan seluruh perusahaan, guna memudahkan identifikasi kesempatan magang bagi calon tenaga kerja.

“Kami usulkan kegiatannya di APBD Perubahan tahun ini,” kata Kabid Pemagangan dan Produktivitas Kerja Disnakertrans Paser, Ahmad Reyad, di Tana Paser, Rabu (15/06/2022).

Selama ini, kata Reyad, pemerintah daerah tidak banyak mengetahui program pemagangan di setiap perusahaan.”Melalui FKJP kami bisa tahu pemagangan apa saja yang bisa diisi di setiap perusahaan,” ujarnya.

Menurut Reyad, pemagangan penting bagi para pencari kerja lokal sebagai bekal mereka bersaing dengan para pencari kerja dari berbagai daerah.”Sehingga saat mereka bekerja sudah siap dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama magang,” ucapnya.

Dikemukakannya, pogram pemagangan terbagi menjadi dua yakni pemagangan yang diikuti pencari kerja dan pemagangan yang difasilitasi pemerintah.Pada tahun ini, lanjut Reyad, ada dua program pemagangan dari Pemerintah Provinsi Kaltim yang menyasar 20 pencari kerja.

Mereka ditempatkan di industri otomotif dan perhotelan.Diakuinya, pada tahun ini Pemda Paser tidak mengalokasikan program pemagangan bagi pencari kerja. Namun ia terus berupaya menjalin komunikasi dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Kabupaten Paser berpeluang mendapat program pemagangan dari Kemenaker karena Direktur Vokasi dan Pemagangan Kemenaker, dr. Ali Hapsah, pernah bertugas di Kabupaten Paser.”Yang terpenting terus berkomunikasi dengan Kemanaker,” ujar Reyad.

Ia berharap pencari kerja di Paser dapat mengikuti pogram pemagangan di Kemenaker melalui balai-balai besar pengembangan pelatihan kerja yang tersebar di berbagai provinsi.”Semoga usulan pembentukan FKJP juga bisa dipertimbangkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah agar kegiatan tersebut bisa dilaksanakan di APBD Perubahan,” kata Reyad.

Pewarta : Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 16 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.