dr. Fahmi Fadli : Kades adalah Mitra Kerja, Bukan Bawahan Saya, Mari Kita Bersama Membangun Paser

YOGYAKARTA, McKabPaser- Di depan para kepala desa yang mengikuti diklat peningkatan kapasitas aparatur desa, Bupati Paser Fahmi Fadli menegaskan bahwa kepala desa bukan bawahannya melainkan mitra pemerintah daerah dalam membangun kabupaten Paser.

“Kepala desa bukan bawahan bupati, melainkan mitra, karena itu mari bersama-sama membangun Paser untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, ” kata Bupati Paser, Senin (8/11/2021) di Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta.

Di depan para peserta diklat aparatur desa, Bupati Paser juga menyampaikan upaya yang dilakukan pemerintah daerah yang dipimpinnya dalam mewujudkan Paser yang maju adil dan sejahtera (MAS).

Beberapa upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa diantaranya terkait kebutuhan dasar seperti pembangunan jalan di desa-desa, listrik, teknologi informasi desa dan pengembangan wisata serta rencana hibah aset daerah untuk dijadikan pemasukan pendapatan desa.

‘Untuk membuka akses jalan di desa -desa, pemerintah daerah telah mengalokasikan 600 M pada tahun 2022 untuk peningkatan infrastruktur jalan desa, ” katanya.
Dengan kemudahan akses jalan desa ini, kegiatan perekonomian bisa berjalan dengan lancar yang pada akhirnya akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Kebutuhan listrik di pedesaan juga menjadi prioritas pemerintah daerah, bahkan Bupati Paser menargetkan tahun 2022 semua desa sudah teraliri listrik.

Demikian juga dengan teknologi informasi pedesaan, Bupati menargetkan tahun 2022 sudah tidak ada lagi wilayah yang blank sport.

” Sudah kami alokasi anggaran Rp. 6 Miliar untuk pembangunan tower untuk mengatasi daerah yang blank spot.,” katanya.
Bupati juga akan menghibahkan asset daerah kepada desa seperti kawasan wisata gunung boga, sehingga bisa menambah pendapatan desa.
“Sudah dialokasikan dana Rp. 2,5 miliar, untuk pengembangan wisata gunung boga, ” katanya.

Sementara itu ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser Nasri sangat apresiasi dengan pernyataan Bupati Paser yang menyatakan bahwa Kepala Desa bukan bawahannya melainkan mitra kerja dalam membangun kabupaten Paser.

” Tentu ini pernyataan yang menyejukkan bagi para kepala desa , karena bagaimana pun juga untuk membangun kabupaten diperlukan kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa, ” kata Nasri.

Kepala Desa Onong Pinang ini juga sangat mengapresiasi program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Fahmi Fadli untuk mensejahterakan masyarakat desa.

” Seperti program peningkatan akses jalan Desa. Program ini akan sangat dirasakan manfaatnya karena dapat meningkatkan perekonomian pedesaan, ” katanya.

Pewarta : Asmaul Editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *