Bupati Paser Paparkan Inovasi Pertanian Pada Penilaian Satyalancana Wira Karya

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli memaparkan inovasi pembangunan pertanian saat presentasi  penilaian Satyalancana Wira Karya kepada tim penilai dari Sekretariat Militer Presiden dan Kementrian Pertanian RI, di Ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati, Kamis (11/5/2023).

Inovasi tersebut di antaranya, yang pertama diterbitkannya Surat Keputusan Bupati Paser No. 525/kep-73/2022 tentang penetapan peta indikatif perlindungan dan pengelolaan areal dengan nilai konservasi tinggi pada kawasan peruntukan perkebunan di kabupaten paser.

Ke dua, terbangunnya kampung-kampung hortikultura (buah) dengan komoditas yang berbeda di masing-masing kecamatan.

Lanjut Bupati Fahmi, yang ke tiga terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) sebagai bentuk perlindungann lahan pertanian.

Berikutnya ke empat yaitu pemanfaatan lahan rawa sebagai lahan pangan berkelanjutan melalui program food estate. Ke lima telah diterbitkanya Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) kebun sawit.

“Ke enam terbangunnya perkebunan melalui pola inti dan plasma dengan penerapan kewajiban 20% untuk plasma, dan ke tujuh terbangunnya pola integrasi pemeliharaan sapi sawit dengan mini ranch,” Kata Bupati Fahmi.

Presentasi Bupati Paser pada penilaian ini mengusung tema optimalisasi sektor pertanian sebagai motor pertumbuhan ekonomi berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten paser dan sebagai mitra strategis Ibu Kota Nusantara.

Diketahui, penilaian tersebut untuk menilai keberhasilan Bupati Paser dalam pembangunan pertanian sebagai salah satu nominator calon penerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo yang rencananya akan diberikan pada acara Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia di Padang 9 – 15 Juli mendatang.

Usai pemamparan dan sesi tanya jawab kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke lapangan ke Desa Saing Prupuk Kecamatan Batu Engau di Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (Siska Ranch) dan di Kampuang Buah Kelengkeng Desa Klempang Sari Kecamatan Kuaro.

Turut hadir mendampingi Bupati pada penilaian Satyalancana Wira Karya itu Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya,  Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Romif Erwinadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Erwan Wahyudi, kepala Dinas Perikanan Sadarudin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Taharuddin dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Djoko Bawono.

Total Views: 18 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *