Dukung Smart City, Bupati Paser Minta Perkuat Pembangunan Infrastruktur

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan pentingnya pembangunan infrastruktur pendukung dalam rencana pengembangan smart city atau kota pintar di Kabupaten Paser. hal tesebut disampaikan orang nomor satu di Paser ini saat membuka kegiatan rapat kerja Dewan Smart City di ruang rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Senin (11/10/2021).

“Kita harus memperkuat pembangunan infrastruktur jaringan, dan lainnya akan mengikuti. Analisis yang dibuat juga harus mempermudah pembuatan dan pelaksanaan masterplan smart city,” kata Bupati Paser dr.Fahmi Fadli. Ia juga mengingatkan Kabupaten Paser masih banyak blank spot, wilayah yang belum terjangkau jaringan internet. Hal itu membuat sulitnya masyarakat dalam mengakses informasi.

Sementara, lanjut Bupati, saat ini dinamika yang berkembang di masyarakat dari tahun ke tahun selalu mengharapkan adanya peningkatan layanan publik, potensi ekonomi, sosial budaya, pariwisata maupun kesehatan. “Peran teknologi sangat penting, dimana suatu daerah dapat memberikan informasi dan layanan yang lebih efektif, dan efisien Sehingga memudahkan masyarakat,” ungkap Bupati Fahmi.

Kegiatan yang mengusung tema menuju Kabupaten Paser maju, adil dan sejahtera bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh saat Bimtek Smart City bulan September lalu. Pemangku Kepentingan harus memperbanyak aksi agar mempercepat pembangunan agar sesuai visi misi Paser MAS.

Bupati Fahmi menambahkan penyusunan master plan smart city untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Dia meminta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian serta dewan smart city untuk melakukan raker untuk menghasilkan rencana kerja dan aksi nyata untuk membangun Smart City di Kabupaten Paser. “Terimaksih dan selamat melaksanakan Raker,” kata dr. Fahmi Fadli.

Rapat kerja ini dipimpin Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Ina Rosana, diikuti para perwakilan perangkat daerah. Sementara Kepala DKISP Paser Ina Rosana mengatakan smart city merupakan konsep yang mengedepankan teknolog dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.

“Smart city adalah gerakan pembangunan mengedepankan teknologi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Ini merupakan kesempatan luar biasa, bahwa kita harus mengangkat peluang ini sehingga kita gerakan menuju 100 kota cerdas di Indonesia,” papar Ina.

Dikemukakan Ina, master plan smart city yang saat ini sedang disusun adalah panduan untuk membangun konsep smart city untuk 5 tahun kedepan. “Kegiatan ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Master plan untuk menjawab segala permasalahan sekaligus menonjolkan potensi daerah kita. Tujuannya yaitu meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ina.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Total Views: 81 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *