Keuntungan Investasi Pemkab Paser ke Bankaltimtara Rp4,1 Miliar

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Syarifah Masitah, melanjutkan kunjungan kerja ke pimpinan Bankaltimtara, Senin (01/03/2021).

Sebelumnya kunjungan dalam rangka silaturahmi itu juga dilakukan di Kodim 0904 Tanah Grogot, Polres Paser dan Pengadilan Negeri.

Kepala Bankaltimtara Cabang Tanah Grogot Yudhi Susatyo mengatakan ada beberapa hal yang ia bicarakan dengan Bupati dan Wakil Bupati Paser diantaranya soal kontribusi Bankaltimtara kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Kata dia, kontribusi langsung Bankaltimtara ke Pemkab Paser salah satunya pada tahun 2019, terdapat keuntungan investasi Pemkab Paser ke Bankaltimtara berupa dividen sebesar Rp4,1 Miliar.

“Dividen yang kita berikan tahun 2019 sebesar Rp4,1 Milar ke Pemkab Paser. Penerimaan tergantung komposisi sahamnya,” ucap Yudhi.

Selain itu lanjut dia, ada layanan jasa giro yang diberikan ke Pemkab Paser. “Pemkab ada punya dana, dari anggaran yang tidak habis digunakan, tarulah (misalnya) Rp10 M dibayar gaji pegawai di Rp1 M ditempatkan di kas daerah (kasda),” jelasnya soal jasa giro tersebut.

Pada bulan Januari 2021, misalnya, Pemkab Paser memberikan Rp867 juta dari uang Pemerintah Daerah (PAD) yang disimpan di kas daerah (kasda). “Jasa giro sebagai bentuk PAD. Kalau istilah umumnya, nasabah biasa itu (terima) bunga tabungan,” ucapnya.

Yudhi mengaku Bankaltimtara telah menggelontorkan Miliaran rupiah untuk kegiatan masyarakat seperti turnamen olahraga, CSR, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Saya kira pelaku UMKM bisa melengkapi persyaratannya. Syarat KTP Kartu Keluarga, foto, keterangan usaha. Yang paling penting tidak pernah tercatat kredit macet di bank lain atau di Bankaltimtara,” jelasnya.

Bentuk kontribusi lainnya, lanjut Yudhi, yakni dengan merekrut putra daerah menjadi pegawai Bankaltimtara.

“Pegawai kita sebagian besar putra daerah. Ini selain mengurangi pengangguran, meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, kata Yudhi, Bupati Paser sebagai representasi Pemkab Paser, akan mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Tim Media Center

Total Views: 731 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *