Tapis Kembangkan Usaha Desa melalui Bumdesmart, Siap Tampung Produk UMKM

Tana Paser – Pemerintah Desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser mengembangkan usaha milik desa melalui pembangunan Bumdesmart yang melayani pembelian sembako dan kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat.

“Awal tahun 2024 ini, Bumdesmart Tapis mulai beroperasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Desa Tapis, Dody Ismanu, Selasa (02/01).

Dody menilai mobilitas masyarakat Tapis yang kebanyakan berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan karyawan perusahaan tambang cukup tinggi sehingga banyak yang membutuhan jasa kurir.

“Dengan keberadaan Bumdesmart harapan kami bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Bumdesmart Tapis, lanjut Dody, bukan hanya melayani pembelian sembako, tetapi juga melayani pengisian air minum dan tabung gas elpiji subsidi dan non subsidi.

Ia menuturkan, untuk penjualan tabung gas elpiji subsidi 3 kilogram sudah berdasarkan Daftar Pembeli Tetap (DPT) atau sudah sesuai ketentuan yang diatur.

“Artinya mereka yang membeli sudah ada namanya, memang mereka kategori masyarakat tidak mampu,” ucap Dody.

Dody menambahkan, Bumdesmart Tapis juga melayani pembayaran PDAM dan token listrik serta layanan perbankan yang bekerjasama dengan BRI.

Selain itu, lanjutnya, Bumdesmart Tapis juga menampung produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari beberapa kecamatan.

“Kedepan keinginan kami Bumdesmart Tapis menjadi pusat oleh-oleh. Misalnya kalau mau membeli madu, tidak perlu pergi ke kecamatan tempat madu berasal. Cukup di Bumdesmart Tapis,” terangnya.

Tidak cukup sampai di sini, Dody mengatakan pihaknya juga akan mengembangkan usaha khususnya bagi UMKM yaitu pengemasan produk UMKM dengan membangun galeri Bumdes.

“Tujuan kita untuk menampung produk UMKM agar lebih berkembang dan maju,” tutupnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *