Gelar Rakercab 2022, Wabup Masitah : Bentuk Generasi Muda Bermoral Pancasila

TANA PASER, MCKabPaser – Mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli selaku Ketua Mejelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Paser, Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Paser, menghadiri Rapat Kerja Tahun 2022 Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Paser di Pendopo Loa Bapekat, Sabtu (16/04/2022).

Rakercab sendiri yaitu merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan Kwartir Cabang dalam pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka. Selain itu, Rakecab ini juga sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaa program kerja tahun sebelumnya dan menyusun program kerja kedepannya

Hadir dalam Rakercab kali ini Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser, perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Paser, Dewan Kerja Cabang serta Undangan dan Peserta Rakercab dari Kwartir Ranting se- Kabupaten Paser

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mengapresiasi anggota pramuka Kwartir Cabang Paser dalam berperan aktif mensosialisasikan pencegahan Covid-19 selama ini.

Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan Pramuka merupakan gerakan kepanduan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi diri baik intelektual, spritual, sosial dan fisik.

Gerakan pramuka kata Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf merupakan pendidikan luar sekolah atau ekstrakulikuler yang memiliki tugas pokok membina generasi muda agar menjadi kader pembangunan yang bermoral pancasila.

Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menjelaskan pramuka mengenalkan siswa mengenal lingkungan hidup dan ilmu bertahan hidup.

Dalam raker ini Masitah memberikan arahan kepada anggota Rakercab agar dapat memaksimalkan 3 point penting dari hasil rapat.

Pertama Masitah menjelaskan raker ini dapat merumuskan program kerja Tahun 2022 dan melakukan sinkronisasi antara Rakercab dengan Kwartir Ranting Kabupaten Paser.

Kedua, dengan Raker ini dapat membahas upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas konsolidasi pengurus dan meminta agar seluruh pengurus selalu aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan terutama kegiatan-kegiatan yang bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Paser dalam menanggulangi masalah-masalah sosial.

Ketiga memberikan perhatian secara utuh dan berkesinambungan kepada kwartir ranting dan gugus depan agar lebih aktif lagi.

Rencananya pada bulan Agustus di tahun 2022 ini akan dilaksanakan kegiatan perkemahan pramuka penggalang di daerah Cibubur, Jakarta.

“Persiapkan peserta didik terbaik, untuk perwakilan kontigen pramuka penggalang Kabupaten Paser,” kata Masitah.

Masitah meminta Kwartir Cabang (Kwarcab) Paser untuk kerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata agar bersinergi dalam kegiatan pramuka. Begitupula dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Paser untuk lebih aktif melihat potensi anak terkait pramuka

Ia pun berpesan kepada para peserta untuk berkordinasi dan menunjukkan potensi melalui gerakan pramuka agar berdaya saing demi mewujudkan PASER MAS (Maju, Adil, Sejahtera).

Disela kegiatan ada penyerahan laptop operasional yang diserahkan Ketua Kwarcab Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf kepada tiga Kwartir Ranting yaitu Kwartir Kecamatan Kuaro, Tanah Grogot dan Kwartir Tanjung Harapan.

“Pemkab Paser cukup memberikan perhatian besar melalui gerakan Pramuka kwarcab berupa bantuan satu unit laptop. Mudahan ini akan menjadi motivasi bagi kecamatan lainnya agar bisa lebih aktif lagi meningkatkan dan mengembangkan gerakan Pramuka di kecamatannya masing masing,” tutup Masitah. (Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *