Posyandu Lolo Wakili Paser di Lomba tingkat Provinsi

Posyandu Lolo Wakili Paser di Lomba tingkat Provinsi

TANA PASER, MCKabPaser – Posyandu Seratai Jaya Desa Lolo Kecamatan Kuaro mewakili Kabupaten Paser pada Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Timur untuk kategori Kabupaten. Ketua   Posyandu Seratai Jaya, Ruth Ntoru, mengatakan pihaknya telah memaparkan kepada tim tentang gambaran umum serta informasi terkait posyandu Seratai Jaya.

“Kami sudah paparkan dasar hukum posyandu, tahapan kegiatan, sumber pendanaan, data-data capaian pelaksanaan kegiatan posyandu, kegiatan integrasi dan inovasi Posyandu Seratai Jaya Desa Lolo yang sudah dilaksanakan dalam 3 tahun terakhir,” kata Ruth, Senin (22/11/2021).

Penilaian dan verifikasi lapangan, kata Ruth, telah dilakukan oleh tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMD), Dinas Kesehatan, BKKBN, dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kaltim.

Proses penilaian dan verifikasi lapangan dimulai pada pukul 3 WITA dan berakhir pada pukul 5 WITA. Tahapan penilaian yaitu presentasi kader, tanya jawab dengan tim penilai, verifikasi administrasi dan peninjauan lapangan.

Pada penilaian dan verifikasi lapangan Lomba Posyandu ini  dihadiri oleh Kepala Dinas PMPD Kabupaten Paser, Sekretaris Dinas PMPD Kabupaten Paser, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, TP-PKK Kabupaten Paser, Camat Kuaro, TP-PKK Kecamatan Kuaro, Kepala Desa Lolo, Ketua BPD Desa Lolo, TP-PKK Desa Lolo, UPTD Puskesmas Lolo dan Bidan Desa Poskesdes Lolo beserta seluruh Kader Posyandu Seratai Jaya Desa Lolo.

Dikemukakan Ruth, ada 15 inovasi pelayanan yang telah dilaksanakan Posyandu Seratai Jaya. Ia berharap kelima belas inovasi tersebut dapat menjadi program unggulan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

Keberhasilan Posyandu Seratai Jaya Desa Lolo hingga tahap penilaian 3 besar Posyandu Tingkat Provinsi Kaltim ini tak lepas dari kerja keras dan kerjasama yang solid dari semua kader, masyarakat, bimbingan petugas kesehatan desa dan Puskesmas, TP PKK Desa, TP PKK kecamatan, TP PKK Kabupaten, Dinas PMPD, Dinkes dan semua unsur terkait.

“Besar harapan semoga Posyandu Seratai Jaya Desa Lolo mendapatkan nilai yang maksimal pada penilaian dan verifikasi lapangan ini,” ujar Ruth.

15 inovasi Posyandu Seratai Jaya Desa :

1. Jumata ( Kunjungan Rumah Balita)

2. Jumamil (Kunjungan Rumah Ibu Hamil)

3. Rianita (Pemberian Reward Ibu dan Balita)

4. Promita (Produk Ekonomi Kreatif Posyandu Balita)

5. Gema Duta (Gerakan Aparatur Desa dan Masyarakat Peduli Aktif Posyandu)

6. Sirela (Donasi Sukarela)

7. Sitali (Donasi Swasta Peduli Sehat)

8. Gita Lima (Kegiatan Integrasi Lintas Program Andalan)

9. Tamila (Tabungan Minyak Jelantah)

10. Gemari Silusi (Gerakan Masyarakat Peduli ASI Eksklusif)

11. Nyali Jantan Riko (Kampanye Peduli Jauhi Anak dan Wanita dari Asap Rokok)

12. Nari Nanda (Menata dan Memberi Warna Posyandu)

13. Poliga (Posyandu Peduli dan Siaga)

14. Worry (Woro-woro Giat Posyandu

15. PB IT 4.0 (Pelaporan Berbasis IT)

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *