Pembinaan UP2K PKK Paser, Bangkitkan Ekonomi Keluarga

TANA PASER, MCKabPaser – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser menggelar pembinaan UP2K kepada Ketua PKK Kecamatan, Selasa (07/09/2021) dalam rangka memberikan keterampilan dan wawasan kepada kadernya.

Dalam sambutan Ketua PKK Paser, yang diwakili Sekretaris PKK Yola Yusuf  mengatakan UP2K merupakan kepanjangan dari Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di setiap pengurus PKK mulai dari tingkat desa dan kecamatan. Ia menegaskan pentingnya memperkuat keberadaan UP2K dan koperasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas dan pemasaran hasil produksi.

“Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam mendukung program Bapak Bupati menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera). Harapan kami UP2K PKK se-Kabupaten Paser dapat membangkitkan ekonomi anggota dan masyarakat, sekaligus meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat sekitarnya,” katanya.

Ketua Panitia Rofi Ervinda mengatakan dalam kegiatan ini panitia mengundang narasumber dari lembaga pembina UKM dari Jakarta, Disperindagkop dan UKM serta Ketua Pokja dan Sekretaris Pokja II PKK Paser.

Menurut  Ketua Pokja II PKK Kabupaten Paser Kasrani, pemberdayaan dan kesejahteraan keIuarga adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dan pengelolaannya dari, oleh, dan untuk masyarakat, 

Keluarga, katanya, sebagai unit terkecil dalam masyarakat, merupakan satuan pemberdayaan yang perlu didorong untuk tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui kelompok UP2K PKK,

“Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarg  menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera, sekaligus sebagai upaya memperkuat keberadaan Koperasi,” ujarnya.

Sebagai mitra pemerintah,  maka sasaran  pemberdayaan PKK adalah keluarga di desa, kecamatan dan kabupaten  yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan mental spiritual dan fisik material.

Kasrani menambahkan, prioritas program pengembangan kehidupan berkoperasi terbagi menjadi dua opsi. Pertama, monitoring dan evaluasi UP2K PKK mendata kembali jumIah kelompok- kelompok UP2K PKK.

Kedua, memotivasi keluarga untuk menjadi anggota koperasi, guna meningkatkan pendapatan keluarga untuk selanjutnya dapat membentuk koperasi yang berbadan hukum yang dikelola oleh PKK. Foto : Istimewa

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 807 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *