Bumdes Padang Jaya Tiga Terbaik Kaltim, Saat ini dilakukan Penilaian

TANA PASER, MCKabPaser – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Amanah Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser masuk dalam tiga besar terbaik pada lomba inovasi Bumdes tingkat Provinsi Kaltim di bidang inovasi tahun 2021.

Bumdes itu saat ini sedang menjalani penilaian yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMD) Provinsi Kaltim, Kamis (09/09/2021).

Tim penilai dari DPMD Provinsi Kaltim antara lain Kabid Pemdeskel Kasmawati, Kabid PDKP Sri Wartini, Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat Muriyanto.

Kasi Pembinaan Usaha Ekonomi dan Pengembangan Potensi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Paser, Jumiati mengatakan saat ini DPMD Kaltim sedang kunjungan lapangan di Desa Padang Jaya.

“Setelah ditetapakan menjadi tiga terbaik, saat ini Bumdes Padang Jaya sedang mengikuti penilaian lapangan. Tim DPMD Kaltim melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kondisi sebenarnya di lapangan,” ucapnya.

Jumiati mengatakan ada beberapa pertimbangan yang membuat Bumdes Amanah masuk dalam tiga besar terbaik, diantaranya memiliki inovasi dalam usaha seperti rencana pembuatan air minum dalam kemasan, dan toko yang menjual produk masyarakat desa setempat.

“Selain itu ada usaha pemanfaatan kebun tanah desa, peternakan air tawar (ikan lele), dan bank sampah bekerjasama dengan Pos Pelayanan Teknologi,” imbuh dia.

Hasil penilaian terbaik pertama, kata dia, diperkirakan akan keluar pada bulan september ini. Jumiati berharap Bumdes Padang Jaya bisa mendulang sukses seperti 2019 lalu.

“Di mana Bumdes ini meraih juara I di bidang pengelolaan aset dan keuangan. Sementara Desa Jemparing juara II di bidang inovasi terbaik,” ucapnya.

Setelah melakukan penilaian Bumdes Amanah, tim dari DPMD Provinsi Kaltim akan melanjutkan penilaian terhadap Bumdes Bukit Seloka Kecamatan Long Ikis yang juga masuk tiga terbaik di bidang pengelolaan keuangan dan aset. Foto : Hutja

Pewarta : Tim Media Center Kabupaten Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *