Agenda Penting di 2024, Bupati Paser Harapkan Alokasi Anggaran dan Skala Prioritas di Sesuaikan Isu Nasional

TANA PASER, MCKabPaser – Tahun 2024 merupakan salah satu agenda penting nasional, di mana pada saat itu akan dilakukan pesta rakyat yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, diantaranya Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR, Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Di sektor ekonomi dan sosial kegiatan tersebut sangat berpengaruh khususnya di Kabupaten Paser. Konstelasi politik ini memerlukan pencermatan yang mendalam untuk menentukan skala prioritas kebijakan dan pembiayaan, serta penggunaan dana APBD.

Hal tersebut dikatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat  Rapat Paripurna tentang penyampaian nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Paser Tahun Anggaran 2024, di Ruang Rapat Baling Seloloi DPRD Kabupaten Paser, Senin (16/10/2023).

Untuk itu ia berharap kepada semua pihak terkait, agar dalam menentukan alokasi anggaran dan skala prioritas, bisa benar-benar menyesuaikan dengan isu nasional.

“Halyang kecil atau besar dapat membawa dampak terhadap Kabupaten Paser,” kata dr. Fahmi Fadli.

dr. Fahmi menyebutkan, selain itu ada genda lain yang akan dihadapi 2024 mendatang, yaitu rencana Pemerintah Pusat untuk memindahkan sebagian pemerintahan nasional ke IKN. Sebagai salah satu kabupaten penyangga dan mitra strategis Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Paser akan tetap melakukan penyesuaian.

“Penyesuain itu salah satunya dalam hal kegiatan belanja yang akan memperkuat posisi Paser sebagai kabupaten penyangga IKN,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menyampaikan beberapa target kinerja pembangunan Kabupaten Paser Tahun 2023.

Beberapa target Pembangunan tersebut diantaranya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Paser Tahun 2024 diperkirakan turun sebesar satu sampai dua persen, dari Tahun 2022 sebesar 1,09 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) target Tahun 2024 sebesar 74,00 poin, naik 0,56 dari Tahun 2022 sebesar 73,44. 3.

“Adapun tingkat Kemiskinan target Tahun 2024 sebesar 9,00 persen, turun dari Tahun 2022 sebesar 9,43 persen. Tingkat Pengangguran Terbuka target Tahun 2024 sebesar 3,94 persen, turun dari Tahun 2022 sebesar 4,88 persen,” tutupnya. MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *