Bupati Fahmi Harapkan FKPJ Turut Bantu Kurangi Angka Pengangguran Di Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi mengharapkan kepada pengurus Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) yang baru saja dilantik, agar turut serta membantu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Paser.

“Salah satu masalah di Paser adalah pengangguran, pada 2021 angka pengangguran di Kabupaten Paser mengalami peningkatan sebesar 1,18 persen yaitu di angka 5,70 persen , sedangkan pada 2020 angka pengangguran sebesar 4,52 persen,” kata Bupati Fahmi saat pelantikan Pengurus FKPJ Kabupaten Paser, di Pendopo Kabupaten, Senin (21/11/2022).

Dikatakan Fahmi hal ini merupakan suatu permasalahan yang harus diselesaikan, jika tidak bisa hilang paling tidak angka pengangguran menurun. Oleh karena itu diharapkan kepada FKPJ ini mampu membantu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Paser.

“Saya berharap ini bisa diidentifikasi dan bagaimana pengangguran ini bisa dibantu dengan jalan diberi kesempatan untuk bekerja. Pengangguran itu berpotensi menjadi masyarakat miskin,” ujarnya.

Diungkapkan Fahmi Untuk menghindari terjadinya penambahan angka kemiskinan yaitu salah satu upaya FKPJ adalah ikut menyelesaikan masalah pengangguran di Kabupaten Paser.

Maka untuk itu kepada perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Paser agar memprioritaskan dan memberikan kesempatan kepada putra dan putri Daerah Kabupaten Paser sehingga bisa bekerja di perusahaan tersebut.

“Hal itu dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Paser,” ungkapnya.

Bupati Fahmi menyebutkan dengan dilantiknya pengurus FKPJ Kabupaten Paser ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang konsep pemagangan terutama sebagai penimbang dan pengawasan penyelenggaraan pemagangan di perusahaan baik pemagangan yang dilaksanakan menggunakan APBN atau APBD maupun mandiri.

FKJP dibentuk sebagai penimbangan kebijakan-kebeijakan yang akan diambil pemerintah dalam rangka pelaksanaan pemagangan dan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan khususnya dalam meningkatkan tenaga kerja berkompeten yang sesuai dengan ketentuan pasar kerja.

“Diharapkan FKPJ dapat memberikan saran dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Paser untuk penetapan kebijakan dalam penyelenggaraan program pemagangan di Kabupaten Paser,” kata Fahmi.

Dengan demikian tambahnya FKJP Paser mempunyai program yang terukur, terarah, konkret, kreatif dan efektif yang dapat meningkatkan kompetensi SDM di Kabupaten Paser sehingga dapat melahirkan SDM yang Berkualitas dan Berdaya Saing, sesuai dengan visi Kabupaten Paser yaitu Paser yang Maju Adil dan Sejahtera.

Pelantikan itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Paser Fadil Imawan, Sekda Paser Katsul Wijaya, Asisten Administrasi Umum Murharyanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi, Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Disnakertrans Paser, Madju Simangunsong, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Samarinda, Perwakilan dari Kideco M. Lukman, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Ketua FKJP Provinsi Kalimantan Timur dan Anggota Forum FKJP yang dilantik.

Penulis : Asmaul, Editor : Rizal

Total Views: 28 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *