Bupati Paser Harapkan APDESI Sinergi Dengan Pemkab Wujudkan Desa MAS

TANA PASER, MCKabPaser – Keberadaan APDESI diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi antar Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Paser.

Serta mampu bersinergi memberikan kontribusi dan dukungan kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian, pelaksanaan program pembangunan, dan meningkatkan kualitas aparatur desa.

“Semua itu agar bisa mewujudkan desa di Kabupaten Paser menjadi desa-desa yang Mandiri serta Maju, Adil dan Sejahtera,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang Dan Dewan Pimpinan Kecamatan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser, , di Hotel Kryad Sadurengas, Senin (17/7/2023).

Untuk mewujudkan hal itu, Bupati Fahmi berharap kepada APDESI agar mampu menjadi pelopor untuk mengkampanyekan tata kelola pemerintahan desa yang transparan, cepat dan efisien sebagaimana dengan salah satu  misi pembangunan Paser MAS.

Selain itu, diharapkan APDESI dapat menjadi pustaka ide dan gagasan dalam mendorong desa dalam melahirkan inovasi dalam melayani masyarakat yang lebih baik.

“Inovasi tidak selalu menciptakan sesuatu yang baru. Upaya-upaya replikasi dan modifikasi ide dan gagasan dari daerah lain juga bisa menjadi sebuah inovasi,” ujar Bupati Fahmi.

Ia menambahkan, APDESI dapat menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara seluruh pemerintahan desa dengan pemerintah Kabupaten Paser dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forokpimda), agar permasalahan yang muncul bisa cepat terdeteksi dan diantisipasi sesuai kewenangan masing-masing.

Bupati menilai bahwa sinergisitas akan mempercapat pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan.

Untuk itu, Ia berpesan kepada seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Paser dapat berkolaborasi dengan APDESI sesuai dengan kewenangan dan tupoksi masing-masing.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua unsur Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Paser H. Hendra Wahyudi, sejumlah  Anggota DPRD Provinsi Kaltim,  Sekretaris Daerah Katsul Wijaya, dan para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat.

Pelantikan dan pengukuhan dilakukan oleh Ketua DPD APDESI Provinsi Kalimantan Timur Sumali diikuti Ketua DPC APDESI Kabupaten Paser Nasri bersama pengurus DPC APDESI, dan juga dihadiri Para Kepala Desa dan seluruh perangkat desa se Kabupaten Paser. MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *