Bupati Paser Tandatangani MoU Program Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pelaksanaan program dukungan kelapa sawit berkelanjutan, dengan Lembaga Swadya Masyarakat (LSM ) Kawal Borneo, dan Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati), di hotel Kyriad Sadurengas, Kamis (10/06/2021).

MoU dilakukan dengan Program Maneger Kehati Metia Lembasing, serta Direktur LSM Kawal Borneo.

Dalam pendatangan tersebut turut hadir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana, Kepala Bapedalitbang Muksin, dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan DJoko Bawono

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan MoU itu dilakukan dalam rangka mendukung masyarkat yang memiliki komuditas pertanian salah satunya kelapa sawit.

“Program yang akan dilakukan yaitu pemetaan penyiapan legalitas lahan hingga akan dibantu untuk penyusunan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB),” ujar Bupati Paser dr. Fahmi Fadli.

Bupati menilai jika perkebunan milik masyarakat telah memiliki legalitas, pemetaan dapat mendorong peningkatan mutu kelapa sawit sehingga nanti menambah pendapatan petani sawit.

“Salah satunya kerjasama petani dengan pelaku usaha sawit agar menjaga kestabilan harga sampai dengan ketersedian buah sehingga menumbuhkan perekonomian warga,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Djoko Bawono berharap perusahaan yang memiliki pabrik pengolah kelapa sawit dapat mendukung program ini dengan menjalin kemitraan dengan petani swadaya.

“Mudahan- mudahan nanti perusahaan pengolahan kelapa sawit mau bekerjasama dengan petani sawit,” tutup Djoko. Foto : Rizky

Pewarta: Rizky, Editor: Hutja

Total Views: 254 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *