Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNK Paser Lakukan Kunker ke BNNK Bantul

Bantul, MCKabPaser – Guna mencegah penyalahgunaan narkoba, Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf selaku Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Paser melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bantul yang di terima langsung oleh Plh. Kepala BNNK Bantul Budi Suryono, Rabu (5/7/2023).

Wabup Paser Masitah menjelaskan kunjungan ini dalam rangka vertikalisasi Badan Narkotika Kabupaten (BNK) menjadi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), sekaligus berdiskusi mengenai program apa saja yang telah dilakukan BNNK Bantul dalam upaya pencegahan penggunaan narkotika sesuai amanat UUD nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika BNK.

Pada tahun 2022 BNK Paser telah mengajukan vertikalisasi menjadi BNNK ke BNNP Kaltim, tetapi hingga kini (Juli 2023) masih juga dalam tahap proses.

“Desember 2022 BNNP Kaltim akan memberikan vertikalisasi, tapi hingga Juni ini belum juga, Kami belum tau sebabnya, apakah salah satu persyaratan yang belum terpenuhi seperti tidak adanya kantor BNK,” terang Masitah.

Pada kunjungannya ini, Masitah menyampaikan rasa kagum dengan BNNK Bantul karena dengan dana 1 miliar BNNK Bantul sudah memiliki kegiatan yang tinggi, transparansi, hingga penanganan narkotika yang bagus, hal ini terlihat dengan banyaknya MoU dan penghargaan yang diterima BNNK Bantul.

Menurut Masitah pihaknya senang telah menimba ilmu di BNNK Bantul dan mempelajari program kerja strategis, termasuk Memorandum of Understanding (MoU) / nota kesepahaman dengan Kemenkumham.

“Apa yang sudah kita pelajari dari studi banding tentunya akan kami terapkan di kabupaten Paser,” kata Masitah.

Untuk kasus narkoba di Kabupaten Paser sendiri tahun 2022 ada 122 kasus dan tahun 2023 hingga di bulan Juli ini ada 35 kasus.

Sementara Plh. Kepala BNNK Bantul Budi Suryono mengatakan pihaknya akan mendukung penuh proses BNK Kabupaten Paser menjadi BNNK Kabupaten Paser, yang mana tinggal taraf finalisasi saja untuk BNK Paser menjadi BNNK.

“Ada beberapa data yang kurang dan kami akan siap membantu,” Ucap Budi Suryono.

Setelah kegiatan Kunker, ketua BNK Paser Masitah melanjutkan Kunjungan ke Panti Rehab Hantara di Kabupaten Bantul.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *