DKISP Paser Ikuti Raker Pengelolaan SP4N Lapor! Seluruh Kaltim Tahun 2023

Malang, MCKabPaser – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser mengikuti Kegiatan Rapat Kerja (Raker) Pengelolaan SP4N Lapor! Seluruh Kalimantan Timur Tahun 2023 di Hotel Aston In Batu Kota Malang, Jawa Timur, pada Kamis (31/8/2023).

Dengan tema Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Melalui Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Untuk mewujudkan Kalimantan timur yang sejahtera, Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Diskominfo Kaltim, Edi Hermawanto Noor.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Bidang IKP Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini, Pranata Humas Ahli Muda DKISP Paser Dwi Wahyudi mewakili Kadis DKISP Paser, Ina Rosana, dan perwakilan dari Diskominfo Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur serta instansi vertikal di Kabupaten/Kota Kalimantan Timur.

Dalam acara ini juga menghadirkan narasumber terdiri dari Kementerian Dalam Negeri selaku Pengawas SP4N-LAPOR! di daerah, Rega Tadeak Hakim dan dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur yang membagikan best practice pengelolaan SP4N-LAPOR!.

Kadis kominfo Kaltim dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Diskominfo Kaltim, Edi Hermawanto Noor mengatakan saat ini perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuat masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan laporannya secara langsung di berbagai platform salah satunya di SP4N Lapor!.

“ini merupakan momentum berharga bagi kita semua untuk mengevaluasi dan memperkuat langkah-langkah yang telah diambil dalam meningkatkan pelayanan publik serta efektivitas pelaporan dan pengawasan di wilayah Kalimantan Timur,” Tuturnya.

Lanjut, seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, transparansi dan akuntabilitas, pemerintah telah menjadi prasyarat utama bagi terciptanya pemerintahan yang baik dan layanan publik yang berkualitas.

“Dalam era digitalisasi ini, akses terhadap pelayanan menjadi semakin mudah, dan hal ini memberi kita peluang untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada Masyarakat,” Kata Edi.

Saat ini banyak Instansi pemerintah yang memiliki aplikasi digital untuk pengaduan pelayanan publiknya dan sistem publikasi informasi, tapi itu berjalan secara parsial dan belum terkoordinir/terintegrasi dengan baik.

“Kita dapat memanfaatkan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan implementasi pengelolaan SP4N Lapor di daerah,” tutupnya.

Penulis : Dwi Wahyudi
Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *