DPMD Paser Laksanakan Program ‘Salam Berdesa’ III

Tana Paser – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Paser menggelar kegiatan ‘Satu Malam Bermalam di Desa’ (Salam Berdesa) di Kecamatan Muara Samu tepatnya di  Tanjung Pinang, Rantau Atas, dan Libur Dinding, selama tiga hari sejak  26-28 Februari 2024.

‘Salam Berdesa’ III merupakan kegiatan yang ketiga kalinya sejak pertama dilaksanakan pada akhir Januari 2024 lalu.

Sebelumnya pada akhir Januari kegiatan ini digelar di Desa Muara Toyu, Muara Pias, dan Desa Munggu Kecamatan Long Kali. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan di Desa Pinang Jatus, Perkuin, Muara Lambakan dan Kepala Telake pada awal Februari.

“Kegiatan ini tujuannya membina Kepala Desa, Perangkat Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) agar tertib adminstrasi,” kata Kepala DPMD Paser, Chandra Irwanadi, Kamis (29/2).

Chandra menyebut pentingnya penguasaan administrasi bagi penyelenggara pemerintahan desa sebagai modal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

 Kehadiran Tim Pembinaan Desa di Kecamatan Muara Samu diterima dengan antusias oleh Kepala Desa dan aparat desa serta masyarakat,

Selain untuk membantu pemerintahan desa dalam mewujudkan tertib administrasi pemerintahan desa,  melalui ‘Salam Beredesa’, DPMD Paser dapat diedentifikasi dan memberikan solusi pemecahan masalah yang timbul.

“Termasuk juga menampung aspirasi-aspirasi masyarakat. Tentu ini semua dalam rangka memastikan desa dapat mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera),” ujar Chandra.

Chandra mengingatkan kepada aparat desa untuk melengkapi administrasi dengan sebaik-baiknya dan melengkapi catatan-catatan yang diberikan oleh Tim Pembinaan Desa.

“Insya Allah kami akan turun kembali melaksanakan monitoring untuk memastikan bahwa catatan-catatan Tim Pembinaan Desa tentang perbaikan administrasi desa sudah dilaksankan di desa,” ucapnya.

Pada dasarnya, lanjut Chandra, pengelolaan administrasi desa di Desa Tanjung Pinang, Desa Rantau Atas dan Desa Libur Dinding sudah cukup baik. Namun masih ada buku-buku yang kurang lengkap pengisiannya sehingga perlu dilengkapi sehingga kinerja yang sudah menjadi tugas pokok dan fungsinya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *