Guna Penguatan Pemeliharaan Jalan di Pedesaan, Bupati Fahmi Serahkan Lima Dum Truck Ke DPUTR

TANA PASER, MCKabPaser – Guna memudahkan penguatan pemeliharaan jalan dan jembatan di pedesaan, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menyerahkan lima unit dum truck kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser Hasanuddin, di Workshop DPUTR, Senin (15/5/2023).

Dengan diserahkannya dum truck ini Bupati Fahmi menginstruksikan kepada Kepala DPUTR agar  menempatkan alat tersebut di sejumlah kecamatan di Kabupaten Paser.

Langkah ini akan memungkinkan tindakan cepat dan efektif ketika ada masalah kerusakan jalan dan jembatan di daerah tersebut. Mobilisasi peralatan dari kecamatan ke kecamatan tidak diperlukan lagi karena peralatan sudah standby di beberapa kecamatan.

Bupati Fahmi pun berharap kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan ini dapat  berkelanjutan.

Kepala DPUTR Hasanuddin melalui Kepala Bidang Bina Marga Asnawi menyebutkan setelah dum truck ini akan menyusul pengadaan lagi beberapa alat berat seperti motor grader kemudian kipro, eksavator dan weloader. Semua alat ini nanti akan digunakan untuk mendukung kegiatan perbaikan jalan.

“Setelah serah terima alat ini besok kami akan mulai bergerak untuk melakukan kegiatan perbaikan jalan, khususnya ke arah Batu Engau yang selama ini menjadi keluhan masyarakat di beberapa desa yang ada di sana,” ujar Asnawi.

Sesuai instruksi Bupati lanjut Asnawi, pihaknya telah membagi menjadi tiga zona yaitu di antaranya zona pertama Kecamatan Long Ikis dan Long Kali nanti akan ditempatkan satu set alat, kemudian zona dua terdiri dari Kecamatan Batu Engau kemudian Tanjung Harapan, dan zona ke tiga Batu Sopang dan Muara Samu.

Untuk mengatasi area di dalam kota Tanah Grogot, Kuaro dan Kecamatan Paser Belengkong nanti ada satu alat yang stanby di Tanah Grogot untuk mengcover di daerah-daerah terdekat.

Selin itu, Asnawi mengatakan  bahwa DPUTR juga telah menyusun program peningkatan jalan untuk di desa-desa, bukan hanya melalui tanggap darurat saja akan tetapi dari kegiatan yang dilelang sudah mulai tayang dan sudah ada yang berkontrak untuk beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten.

Dapat  dilihat saat ini seperti di Wilayah Kerang –  Mengkudu sudah mulai ada pengerjaan melalui pihak ketiga, kemudian di Pasir Mayang juga sudah mulai berkontrak.

“InsyaAllah di akhir Mei ini semua sudah dilelang untuk paket-paket strategis yang menjadi program Bupati termasuk jembatan juga difinalkan,” kata Asnawi

Kemudian hanya ada dua lagi baru tayang yang sudah strategis yaitu Desa Padang Pangrapat – Harapan Baru yang menjadi perhatian Bupati karena selama ini ke Desa Harapan Baru tidak ada akses jalan, dan Bupati berharap seperti Muara Pasir bisa ditangani dan bisa dilewati oleh masyarakat dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *