Jaga Pasokan, Kestabilan Harga Bahan Pokok Pangan, Pemkab Paser Lakukan Kesepakatan Bersama Dengan BI Balikpapan

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Guna meningkatkan sinergitas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam menjaga pasokan dan kestabilan harga bahan pokok pangan, Pemerintah Kabupaten Paser (Pemkab) lakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser, di Hotel Jatra, Jumat (2/2/2024) malam.

Mewakili Bupati Paser, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Paser Murharianto dalam sambutan Bupati mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi adanya kerjasama dengan Bank Indonesia.

Menurutnya, Ini merupakan bentuk sinergisitas dalam memajukan perekonomian, termasuk pemecahan berbagai masalah, salah satunya terkait inflasi.

“Semoga kerjasama ini meningkatkan kapasitas Kabupaten Paser dalam penggunaan sumber daya alam maupun sumber daya manusia,” kata Bupati Paser.

Ia menambahkan, untuk menekan angka kemiskinan dan menghilangkan kesenjangan sosial akan dilakukan secara optimal.

Bupati menyebutkan, dalam tiga tahun terakhir ini, persentase penduduk miskin di Kabupaten Paser mengalami penurunan. Sebagaimana data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur, di mana pada 2021 sebesar 9,73 persen, 2022 sebesar 9,43 persen dan terus pada 2023 sebesar 9,11 persen.

“Semoga kedepan, angka kemiskinan khusus nya di Kabupaten Paser akan terus berkurang,” harapnya.

Selain itu lanjut Bupati, Pemberlakuan desentralisasi dan pemerataan pembangunan
pemerintah pusat, memang menuntut kita untuk membangun pemerintahan daerah yang mandiri dan berdaya saing.

Mengingat pada 2024 ini, Kalimantan Timur akan kedatangan lebih kurang 17ribu ASN, TNI dan POLRI ke IKN (Ibu Kota Negara). Tak hanya itu juga
masuknya SDM dari sektor swasta dan lainnya.

Sebagai mitra strategis IKN, tentu kita di Kabupaten Paser tidak ingin menjadi penonton saja, namun menyambut baik dan aktif, dapat berkontribusi, siap dan matang dalam semua bidang.

Terutama ketersediaan pangan guna menopang dan menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan di Kabupaten Paser dan saya berharap kedepan Paser dapat menopang daerah di sekita terutama IKN”, pungkasnya.

Oleh karenanya, Pemkab Paser akan terus berupaya mendorong potensi yang dimiliki, diantaranya, pertanian, perkebunan dan
lain-lain.

“Peningkatan ini nantinya akan berdampak dalam mewujudkan visi Paser MAS yaitu Maju, Adil dan Sejahtera,’ tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Kepala Kantor BI Balikpapan R. Satya Pambudipara, unsur Forkopimda, Pimpinan Bank Kaltimtara Cabang Paser Yudhi Susatyo, para kepala Perangkat Daerah, dan Camat Se-kabupaten Paser/ Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *