KPU Paser Gencar Sosialisasikan Pendidikan Pemilih Bagi Kaum Milineal

Tana Paser – Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Paser gencar melakukan sosialisasi pendidikan pemilih yang ditujukan bagi kaum milineal yang pada pemilu 2024 adalah pemilih pemula.

“Sasaran kami para pemilih pemula, yang pada pemilu 2024 akan menggunakan hak suaranya, ” Dyah Elly Kusrini, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Paser, Selasa (8/9/2022).

Untuk sosialisasi pendidikan pemilih ini, kata Dyah, KPU mendatangi ke sekolah- sekolah atau sebaliknya siswa yang datang ke Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot.

“Pihak sekolah biasanya mengundang KPU untuk menjadi nara sumber di sekolah atau bisa juga sebaliknya pihak sekolah menyurati KPU, bahwa siswanya ingin mendapatkan wawasan tentang kepemiluan,” kata Dyah.

Pada setiap sosialisasi, kata Dyah, pemateri menyampaikan materi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilu; data pemilih, hak dan kewajiban dalam pemilu.

Selain itu, peserta sosialisasi juga diberikan mpemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih secara cerdas dan bertanggung jawab. Termasuk memaparkan peranan yang bisa diambil oleh pemilih pemula dalam hal ini kaum milenial yang akan menggunakan hak politik nantinya.

“Partisipasi apapun yang dipilih kaum milineal akan sangat menentukan wajah demokrasi kita ke depan, tentunya dengan didukung integritas dan rasa tanggung jawab” tuturnya. Menurut Dyah, dari pemutakhiran data pemilih pemula KPU Paser akhir Juli, ada 918 pemilih pemula dengan rincian pemilih laki-laki 529 orang dan perempuan 389 orang.

Pewarta : Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *