Lestarikan Budaya Paser, Dipsorapar Gelar Pemilihan Putri Pariwisata dan Duta Wisata Tingkat Kabupaten

TANA PASER, MCKabPaser – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Paser menggelar Pemilihan Putri Pariwisata dan Duta Wisata Tingkat Kabupaten. Acara dilaksanakan di Perkantoran Disporapar km.5 , Senin (30/05/2022).

Ajang pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata ini merupakan kegiatan rutin tahunan Disporapar Paser yang bersinergi dengan program pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang diadakan setiap tahun.

Mewakili Kepala Dinas Disporapar, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disporapar Paser Arya Widhiyasa membuka acara pemilihan putri pariwisata dan duta wisata tingkat Kabupaten tersebut.

Disporapar Paser kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disporapar Paser Arya Widhiyasa mengatakan sejak awal tahun 2022 telah melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pariwisata ke sekolah-sekolah yang berada di 10 Kecamatan khususnya tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Arya menjelaskan ini merupakan tahap awal penjaringan dan peserta berjumlah 35 orang yang akan diseleksi lagi hingga sebanyak 15 peserta.

“Nanti akan diseleksi lagi pada 25 Juli 2022,” kata Arya.

Tujuan kegiatan ini menurut Arya untuk melestarikan budaya daerah Paser dan menggali potensi bakat, kreativitas, kecerdasan, generasi muda dalam memperkenalkan budaya dan seni yang ada di Kabupaten Paser dan dari peserta yang terpilih akan mewakili duta Pariwisata Kabupaten Paser di tingkat Provinsi.

“Kegiatan ini akan menghasilkan sosok yang menjadi perpanjangan tangan Dinas Pariwisata dalam hal mempromosikan seni dan budaya di dalamnya termasuk kearifan Lokal daerah,” ucapnya.

Dalam seleksi ini ada beberapa kriteria yang menjadi dasar penilaian seperti pengetahuan kepariwisatawan, bakat, dan pengetahuan bahasa inggris.

Arya menjelaskan dalam kegiatan ini terdapat kendala pada kompetensi para peserta dalam mempromosikan wisata daerah baik tingkat Provinsi, Nasional dan Mancanaegara. Ia pun tak memungkiri bahwa pariwisata Kabupaten Paser masih tertinggal dengan daerah lain padahal potensi wisata di daerah ini trrmasuk tinggi.

“Ada 120 wisata yang bisa dikembangkan di Kabupaten Paser,” jelasnya.

Ia berharap kepada para peserta untuk terus mengembangkan diri sebagai duta pariwisata sehingga dapat mengenalkan wisata Kabupaten Paser ke daerah lain.

“Jadilah agen perubahan dalam mewujudkan PASER MAS (Maju, Adil, Sejahtera)” ucapnya.

Ia menambahkan para peserta untuk memahami komponen kepariwisataan dan non kepariwisatawan sehingga dapat mengenalkan potensi wisatanya secara maksimal.

“Bangun silahturahmi, kembangkan pariwisata sehingga menciptakan rasa nasionalisme ,” ucap Arya.

Salah satu peserta di ajang pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata ini yaitu Bintang Arjuna Putra (18 tahun) sekolah di SMAN 2 Tanah Grogot, lahir di Tanah Grogot dan besar di Samarinda.

Bintang Arjuna Putra mengatakan dirinya siap dalam mengikuti seleksi ini. Dia membaca brosur, belajar, dan dari pengalaman pribadi serta jalan-jalan dalam mengikuti kegiatan ini.

Ia berharap dengan mengikuti kegiatan ini dapat berkontiribusi kepada kabupaten Paser dengan memajukan pariwisata.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *