Pemkab Paser Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022

TANA PASER,MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 dengan tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila di Lapangan Gentung Temiang Km 5, Sabtu (1/10/2022)

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI.

Mewakil Bupati, Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan dihadiri pula oleh Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Unsur Forkopimda, Anggota DPRD Paser, para Asisten, para Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah dan para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser.

Upacara tersebut diikuti dalam barisan yakni TNI/Polri, ASN, Dishub, Satpol PP, PMK, BPBD, unsur organisasi dan para pelajar.

Kegiatan masih berlangsung sederhana karena masih dalam suasana pandemi Covid – 19. Jumlah Peserta dibatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Katsul Wijaya Mengatakan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap Oktober ini, dalam rangka memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar Negara Bangsa Indonesia yang tidak lepas dari peristiwa bersejarah Gerakan 30 September PKI (G30S PKI).

“Memperingati Hari Kesaktian Pancasila kita mengambil makna betapa saktinya Pancasila, yang kemaren sudah dilewati yan dikenal dengan Gerakan 30 September” Kata Katsul Wijaya.

Katsul Wijaya meminta dengan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila di tahun ini, jiwa patriotisme tidak akan memudar, bangkit dan terus mengalir di darah Indonesia Khususnya generasi muda Millenial di jaman Era Digital saat ini.

“Semakin berkembangnya jaman semakin pesat perkembangan teknologi, namun hal itu kita tidak boleh melupakan sejarah-sejarah yang ada di indonesia termasuk sejarah G30S/PKI” Ujar Katsul Wijaya.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Total Views: 22 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *