Pemkab Paser Gelar Sosialisasi Pembinaan KIM

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) menggelar sosialisasi pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Paser Tahun 2022 di Pendopo Loa Bapekat, Senin (14/11/2022).

Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, turut hadir pula Kepala DKISP Paser Ina Rosana, Camat Tanah Grogot Muhammad Guntur, Ketua Apdesi Paser Nasri, Kabid IKP DKISP Paser Asnan Latief, perwakilan perangkat daerah serta menghadirkan narasumber Pranata Humas Ahli Madya Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Helmi Hafid, mewakili Kadis Diskominfo Provinsi Kaltim, Kasi Pelayanan dan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik Andi Abdul Razaq dan Kepala Bidang IKP Kukar Ahmad Riyanto serta Forum KIM Kukar Ahmad.

Peserta sosialisasi KIM kali ini terdiri dari unsur Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan dan Desa KIM se – Kabupaten Paser.

Bupati Paser Fahmi Fadli mengatakan pembinaan KIM ini dilakukan agar masyarakat lebih paham dalam mengelola informasi dan teknologi dan menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi.

Dalam upaya itu kata Fahmi Fadli, Pemkab Paser telah berkoordinasi dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam meningkatkan komunikasi dan informasi di Kabupten Paser.

Kondisi jaringan saat ini bukan hanya untuk komunikasi, pertukaran informasi, dan kecepatan pelayanan informasi tapi untuk memperdekat jarak dan informasi.

Karena itu menurut Bupati, setiap tahun Pemkab terus berupaya melakukan berbagai peningkatan pelayanan di bidang telekomunikasi dan jaringan internet, diantaranya berupaya melakukan beberapa penambahan BTS atau Transceiver Station.

“Selama ini, kita terus berupaya mewujudkan penambahan BTS yang salah satunya melalui komunikasi ke Kemenkominfo dan termasuk BUMN telekomunikasi jaringan operator,” kata Fahmi.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli berharap dengan terbentuknya KIM dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas jaringan di Kabupaten Paser.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat seluasnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Paser,” ujar Fahmi Fadli.

Selanjutnya Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Ina Rosana mengatakan kegiatan sosialisasi hari ini bertujuan agar masyarakat dapat mengakses informasi secara cepat.

DKISP Paser kata Ina, berupaya memenuhi segala kebutuhan masyarakat terkait penyediaan informasi di Kabupaten Paser baik tingkat desa maupun kelurahan. Menurutnya KIM merupakan suatu lembaga strategis dalam penyebarluasan informasi.

“Lembaga ini dibentuk dari dan untuk masyarakat, sehingga KIM dapat hadir menjadi mitra Pemerintah Pusat maupun Kabupaten,” terang Ina

Ina menambahkan bukan hanya penyebarluasan informasi tapi bagaimana DKISP Paser meningkatkan perekonomian masyarakat melaui kegiatan di desa.

Ia menjelaskan komitmen Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dalam rangka mendukung DKISP Paser sangat besar. Hal ini salah satu upaya Pemkab Paser dalam rangka mewujudkan Paser MAS yakni Paser yang maju, adil dan sejahtera

Hingga saat ini baru 14 desa yang telah membentuk KIM, setelah kami konsultasi internal agar tim ini dapat di pacu dan sosialisasikan di seluruh desa .

“Alhamduilah Kabid IKP DKISP Paser Asnan Latief kata Ina telah melakukan pembinaan di 28 desa, semoga di tahun 2023 semua desa bisa di sentuh untuk sosialisasi KIM di seluruh Kabupaten Paser,” tutup Ina.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Total Views: 52 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *