“Satu Data” Perwujudan Paser MAS Dalam Mengurangi Kesenjangan Antar Kecamatan

TANA PASER, MCKabPaser – Untuk mewujudkan Kabupaten Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera atau Paser MAS, tentu tidak mudah. Banyak aspek yang membutuhkan sinergi secara berkesinambungan yang harus dilakukan yakni salah satunya program “Satu Data”.

Hal itu dikatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melalui sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya saat Rapat Koordinasi (Rakor) forum satu data prioritas dan evaluasi penyelenggaraan statistic sekotral Kabupaten Paser, di Command Center Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Selasa (30/5/2023).

Ia menekankan bahwa pentingnya suatu data terhadap kebutuhan informasi yang berkaitan langsung dengan kepentingan pelayanan masyarakat. Contohnya seperti dokumen administrasi kependudukan.

Jika program satu data ini bisa berjalan lancar tentu akan berdampak pada sistem pelayanan, sehingga menjadi lebih efisien dan efektif. Masyarakat yang berdomisili jauh cukup mengurusnya dengan datang ke kantor kecamatan saja.

“Di sini kita akan melihat makna dan tujuan dari visi Paser MAS yaitu mengurangi kesenjangan antar kecamatan, sehingga setara dalam hal layanan dasar pemerintah,” kata Bupati.

Setelah data administrasi kependudukan secara kongkrit sudah berjalan maksimal, akan berpengaruh terhadap program-program pemerintah yang lainnya, seperti penetapan masyarakat yang layak mendapat bantuan sosial melalui program keluarga harapan.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap suskesnya visi Paser MAS yakni dalam upaya “mewujudkan terpenuhinya Kebutuhan pokok dan meningkatkan Standar kehidupan masyarakat”.

“Mari kita tingkatkan sinergi dan saling mendukung dengan memperkuat akses data sehingga terpenuhinya kebutuhan publik,” ujarnya.

Ia menambahkan, program “satu data” ini juga merupakan implementasi dari konsep smart city yang secara bertahap telah kita bangun dan implementasikan, termasuk membangun dan meningkatkan kualitas jaringan untuk mengatasi blank spot di seluruh wilayah desa dan kecamatan.

Pada kesempatan itu Bupati Fahmi dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih serta mengapresiasi kinerja Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser beserta jajaran yang telah berjuang dan bekerja keras mengimplementasikan program kerja serta tujuan yang sejalan dengan visi Paser MAS.

Semoga Rakor ini dapat menemukan solusi terhadap beberapa permasalahan kebutuhan data yang selanjutnya dijadikan dasar untuk menetapkan kebijakan dan merealisasikan prioritas pembangunan sebagai wujud kerja nyata bahwa kita semua turut ambil bagian dalam upaya membangun Kabupaten Paser yang lebih Maju, Adil dan Sejahtera.

Hadir dalam Rakor tersebut Kepala DKISP Paser Ina Rosana, Direktur RSUD Panglima Sebaya ,Para Kepala Perangkat Daerah, Para Kepala Instansi Vertikal, dan Camat se-Kabupaten Paser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *