Pemkab Paser Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Tana Paser, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” di halaman Kantor Bupati Paser, Minggu (1/10/2023).

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Murhariyanto dan dihadiri jg oleh Unsur Forkopimda, Anggota DPRD Paser, para Asisten, para Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah dan para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten.

Dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” yaitu mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Paser untuk menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa ditengah keberagaman masyarakat indonesia.

Kegiatan upacara di awali dengan mengheningkan cipta yang di pimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Plh. Sekda Murhariyanto yang diwawancarai usai upacara menjelaskan hari kesaktian Pancasila merupakan sejarah kelam, sehingga ini jangan terulang kembali.

Hal ini menunjukkan bahwa Pancasila adalah sebagai dasar negara Republik Indonesia (RI) sangat luar biasa dan terbukti Indonesia tetap merdeka, tetap jaya dengan berdasarkan pancasila.

“Sudah menjadi kewajiban kita melaksanakan momentum ini agar kita semua dapat memaknai kesaktian pancasila,” ungkap Murhariyanto.

Murhariyanto mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengamalkan, menerapkan dalam kehidupan sehari-hari penghayatan Pancasila di Kabupaten Paser ini, khususnya apa yang menjadi visi Kabupaten Paser juga terwujud dengan PASER MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).

Media Center Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *