Pemkab Paser Kembali Raih Opini WTP Kesebelas Kalinya, Bupati : Ini Sangat Luar Biasa

SAMARINDA, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke sebelas kalinya atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 dari Kepala Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Kaltim, Jumat (3/5/2024) siang.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, mengungkapkan, semua ini tidak lepas dari sinergitas antara Sekretaris Daerah, Asisten, kepala Perangkat Daerah terkait, seperti Inspektorat,  Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) yang telah bekerja bersama-sama sehingga dapat meraih Opini WTP.

“Terima kasih kepada semua jajaran atas sinergitas dan  kerja keras bersama, Paser bisa kembali meraih Opini WTP yang ke sebelas kalinya, ini sangat luar biasa,” ungkap Bupati Fahmi.

Menurut Bupati Fahmi, Opini WTP yang telah diraih tersebut merupakan wujud komitmen Pemkab Paser dalam melaksanakan tata kelola keuangan yang akuntabel mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga monitor dan evaluasi.

“Diharapkan atas diraihnya Opini WTP Tahun Anggaran 2023 ini, dapat menjadi motivasi ke depan untuk bisa mempertahankan dan juga lebih meningkatkan lagi apa yang menjadi tindak lanjut yang diharapkan  BPK Perwakilan Kaltim untuk segera diselesaikan,” harapnya.

Sementara Kepala Kantor BPK  Perwakilan Kalimantan Timur, Agus Priyono, mengapresiasi kepada seluruh kepala daerah atas kerja keras yang dilakukan, sehingga Opini WTP Tahun Anggaran 2023 untuk sepuluh kabupaten/kota memperoleh opini terbaik dari BPK.

“Diharapkan setelah menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tahun Anggaran 2023,dengan ketentuan paling lambat 60 hari agar segera ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Agus menyebutkan, manfaat dari LHP BPK itu bukan ditentukan oleh besarnya temuan  pemeriksaan, tetapi lebih kepada bagaimana tindak lanjut terhadap temuan pemeriksaan, sehingga apa yang dihasilkan oleh Tim Pemeriksa BPK di lapangan dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk perbaikan.

“Saya juga berharap, seluruh pengelolaan keuangan di setiap kabupaten/kota itu semakin baik, tertib, semakin taat terhadap peraturan perundangan, semakin efisien dan semakin efektif,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Paser, Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya, Asisten Administrasi Umum Murharianto, Inspektur Inspektorat Dharni Haryati dan Kepala BKAD Nur Asni. Dan hadir pula menerima LHP BPK Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *