Semangat Hardiknas, Wujudkan Pendidikan Berkualitas dari Desa Menuju Indonesia EMAS 2045

Oleh : Kasrani Latief, Sekretaris DPMD Kabupaten Paser

Pendidikan merupakan sektor yang paling strategis dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, penting untuk diperhatikan dalam memberdayakan manusia menuju pembangunan.

Dengan pendidikan, kita tidak hanya mempunyai bekal pengetahuan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembangunan masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga bisa berpikir kreatif dan mampu mengikuti perubahan seperti penggunaan inovasi baru, penerapan teknologi, dan pola pikir yang berorientasi pada pembangunan.

Masyarakat yang tidak mampu berubah untuk mengikuti perkembangan zaman akan semakin tertinggal. Rendahnya pendidikan merupakan salah satu penyebab kemiskinan.

Latar belakang inilah yang perlu dibenahi dalam sistem masyarakat di pedesaan karena hal ini sudah menjadi suatu budaya.

Oleh karena itu, peran pendidikan dalam masyarakat pedesaan sangatlah penting untuk dapat memberdayakan masyarakat dari masalah kemiskinan.

Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Pemerintah desa atau yang biasa disebut dengan kepala desa didukung oleh perangkat desa sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan desa.

Kepala desa adalah perangkat desa yang memiliki wewenang, kewajiban, dan tanggung jawab untuk mengurus di desanya.

Rincian kedudukan, tugas, dan fungsi Tokoh Masyarakat tersebut berdasarkan Peraturan Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 sebagaimana diatur dalam Pasal 6: 3.

Desa harus melakukan pendobrakan yang tiada taranya di bidang pendidikan, Problema pengembangan daerah pedesaan harus mengandung nilai yang berbobot di topang oleh penerangan yang objektif dan modernisasi.

Fakta menunjukan bahwa anak desa termasuk golongan yang paling sedikit memperoleh kesempatan belajar.

Akibatnya tidak mengherankan bila dunia pedesaan menaruh minat yang besar terhadap setiap usaha yang direncanakan untuk meningkatkan kesamaan kesempatan.Dunia pedesaan dalam bentuk yang sekarang ini merupakan hasil proses sejarah dan tidak di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang sedang berkembang.

Harus segera diambil tindakan pencegahan untuk menjaga agar umat manusia tidak mengalaini penderitaan sebagi akibat kebijaksanaan ekonomi dan system pendidikan yang dewasa ini tampaknya masih perlu berbenah untuk maju.

Pemerintah Desa harus mampu memberikan dukungan dan motivasi kepada penduduk tentang pentingnya pendidikan dan kepada siswa yang ada di desa untuk terus berperestasi dan mengejar cita-cita dan menanamkan pemahaman bahwa kita semua sama baik siswa di desa maupun di Kota, hindari perasaan lebih rendah dari siswa di kota, selain itu harus dijaga agar tidak menjurus kearah pemilihan yang didasarkan atas latar belakang sosial dan bukan di titik beratkan dari segi kemampuan.

Pemerintah Desa harus memastikan program bidang Pendidikan dapat meningkatkan mutu Pendidikan agar masyarakat lebih berkualitas dan berkompeten.

Tujuan dari program ini tidak hanya untuk siswa, tetapi juga untuk guru dan tempat pendidikan lainnya.

Wujud dari penegakan ini dapat berupa pelatihan pada guru, meningkatan sarana dan juga prasarana, memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, dan pemberian beasiswa kepada siswa berbakat untuk meneruskan pendidikannya di sekolah menengah sampai ke Perguruan Tinggi.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024, dengan semangat Hari Pendidikan Mari kita bersama mewujudkan Pendidikan Berkualitas dimulai dari desa, untuk menghasilkan Generasi Sehat, Cerdas, Tangguh, Berakhlak Mulia menuju Indonesia EMAS 2045.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *