Pentingnya Promosi BUMdesa  Berkelanjutan, untuk memajukan Perekonomian di Tingkat Desa.

TANA PASER – Di tengah pesatnya perkembangan ekonomi global, Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) telah menjadi salah satu motor penggerak ekonomi lokal di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan mengedepankan potensi lokal dan kerja sama antarwarga, BUM Desa mampu menjadi tulang punggung dalam memajukan perekonomian di tingkat desa. Namun, untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, maksimalkan pemasaran dan penjualan produk atau layanan BUM Desa memegang peran kunci.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Paser  dinilai telah mengalami perkembangan yang luar biasa.  Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( Dinas PMD) Kabupaten Paser  dan pihak terkait berupaya terus mendorong promosi berkelanjutan agar bumdes maju selalu bertambah sehingga meningkatkan perekonomian desa.

Sekretaris DPMD Kabupaten Paser, Kasrani  “Melalui kegiatan expo, kita sebenarnya sudah masuk dalam arena promosi. Namun, ini hanya promosi sesaat. Kita perlu promosi yang berkelanjutan. Karena itu, pengelola bumdes perlu didorong keterampilannya dalam memanfaatkan kemajuan media sosial sekarang ini” Ujarnya, Minggu (13/10/2024).

Kasrani menambahkan, “ Expo BUMDesa harus lebih banyak lagi dilaksanakan,  Hal ini  karena expo memberikan ruang kepada para pelaku BUMDesa untuk menampilkan produk unggulannya masing-masing, sehingga produk tersebut lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, dan untuk ini kami memohon dukungan kepada semua  stakeholder terkait untuk Bersama-sama melaksanakan lebih banyak lagi kegiatan expo di masa yang akan datang”. Ujarnya.

Kasrani menambahkan  “Berkembangnya BUMDesa ini, sekaligus kita harapkan dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa, sehingga menjadi pilar terdepan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di desanya dan Maksimalkan Pemasaran Produk BUMDesa untuk Mewujudkan Kesejahteraan Desa.masing-masing,” ungkapnya

Kasrani mengingatkan “Tugas Pengelola BUMDesa yang harus dilakukan antara lain adalah: pertama, mengenal potensi local, bagaimana potensi local bisa dikembangkan.  Kedua, membangun citra dan indentitas brand, bagaimana brand produk dimunculkan.  Tiga, Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial. BUMdesa harus memiliki Media Sosial dalam promosi BUMDesa.  Keempat,  Kerjasama dan Kemitraan, bagaimana BUMDesa harus mampu menjalin Kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak. Dan tentu masih banyak lagi hal yang harus dilakukan agar BUMDesa mampu mewujudkan kesejahteraan di desa masing-masing”. Mengakhiri penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://iainpalopo.ac.id/https://perbarindo.org/https://itj.jakartamrt.co.id/https://www.delejcotebavi.com/https://karir.itb.ac.id/https://heartlandcomputer.com/https://www.beritabadung.id/https://www.bsn.go.id/https://kan.or.id/