Percepat Implementasi Smart City, Bupati Fahmi Lakukan Penandatanganan MoU Antara Pemkab Paser Dengan ICON+


JAKARTA, MCKabPaser – Dalam rangka mempercepat implementasi smart city  guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli lakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan PT. Indonesia Comnet Plus (ICON+), di Swiss Bell Hotel Pondok Indah, Rabu (27/4/2022).

Penandatanganan dilakukan dengan Direktur Enterprise Business ICON+ Julita Indah serta General Manager Strategy Business Unit (SBU) Regional Sumatera Bagian Selatan Yan Alfino Simanjuntak.

Dalam penandatanganan turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Kominfostaper Kabupaten Paser Ina Rosana, dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Paser Nur Asni.

Dijelaskan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bahwa penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari hasil audiensi yang dilakukan Pemkab Paser dengan PT. ICON+ pada 28 Januari 2022 lalu di Balikpapan, yang dilanjutkan dengan pembahasan draft kesepakatan bersama.

Dalam  Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dijelaskan bahwa setiap Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk bekerjasama dengan pihak lain termasuk dengan BUMN.

Untuk itu Kata Bupati Fahmi, Kerjasama ini dilakukan tentunya dengan semangat saling menguntungkan, efektif, efisien, dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di era digital saat ini di mana perkembangannya sangat pesat, kehadiran internet dan teknologi informasi telah mengubah banyak dimensi kehidupan manusia terutama dimasa pandemi Covid-19. 

“Hal ini menyadarkan dan membuka mata kita akan pentingnya kehadiran internet dan teknologi informasi, yang sudah menjadi kebutuhan dasar bagi kita semua,” kata Bupati Fahmi.

Oleh karena itu lanjut dia, Pemkab Paser harus bisa merespon dan beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin dinamis, ritme kerja semakin mobile dan cepat serta tantangannya yang semakin tinggi.  

“Tentu Pemerintah Daerah tidak bisa bekerja sendirian, untuk itu perlu adanya kolaborasi dan sinergitas dengan pihak lain untuk mensukseskan program-program pembangunan yang  sejalan dengan visi Paser MAS  menuju Kabupaten Paser yang Maju Adil dan Sejahtera,” ujarnya.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ini maka Pemkab Paser dengan PT. ICON Plus secara resmi bersepakat untuk melakukan kerjasama dalam hal pengembangan Smart City di Kabupaten Paser.

Setelah MoU ini berjalan Bupati Fahmi meminta kepada PT. ICON+ agar memberikan yang terbaik buat warga Kabupaten Paser.

“Saya berharap setelah MoU ini pelayanan terhadap akan pemenuhan kebutuhan jaringan telekomunikasi di masyarakat bisa terpenuhi, sehingga secara bertahap kesenjangan pembangunan mendapat solusi dengan terealisasi nya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Paser,” terangnya.

Diketahui, Bimtek penyusunan Master Plan Smart City telah selesai dilaksanakan mulai tahap I sampai tahap IV, sedangkan untuk penerapan satu data Pemkab Paser sudah mempersiapkan infrastruktur melalui penyediaan Command Center yang nantinya dapat digunakan sebagai data center. 

Bupati Fahmi mengungkapkan untuk menunjang semua itu, fasilitas yang ada saat ini masih belum memadai.

“Oleh karena itu saya berharap kerjasama dengan PT. ICON+  dapat mempercepat terwujudnya implementasi Smart City di Kabupaten Paser,” harapnya.

Untuk mewujudkan Kota Cerdas (Smart City), pembangunan Command Center, penerapan satu data dan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus didukung ketersediaan infrastruktur telekomunikasi dan jaringan.

ICON+ ucap Bupati Fahmi, dengan Core Business nya diharapkan bisa berperan atau mengambil bagian dalam mewujudkan digitalisasi pemerintahan di Kabupaten Paser.

“Sebagai anak perusahan PT. PLN, ICON+ tentunya memiliki kemampuan untuk menjangkau 139 desa kami yang tersebar di 10 kecamatan,” tukasnya.

Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama ini, Bupati Fahmi meminta Kepala Dinas Kominfostaper Paser sebagai dinas teknis,  segera menguraikan secara detail hal-hal yang akan dilakukan untuk implementasi Smart City.

“Kepada Bappedalitbang dan BKAD agar mendukung kerjasama ini untuk dapat dituangkan dalam program kegiatan pada Tahun 2023 yang akan datang,” pintanya.

Bupati Paser dr.Fahmi Fadli Sangat mengapresiasi upaya PT. ICON+ yang ingin turut berperan serta dalam meningkatkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Paser.

Direktur Enterprise Business ICON+ Julita mengatakan dengan terlaksanya kerjasama ini kedepan, dengan konektivitas  yang terjalin nantinya desa-desa di Kabupaten Paser akan menjadi koloni-koloni bisnis melalui UMKM sesuai dengan program pemerintah. 

“Nantinya akan menjadi arah yang berlawanan antara desa dengan kota, sehingga akan terjadi keseimbangan ekonomi antara desa dengan kota,” kata Julita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *