Bupati Paser Minta Jaga Kondusifitas Keamanan Menjelang Hari Raya Idul Fitri

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar Apel Kesiapan Malam Takbiran, Sholat Ied dan Tempat Wisata 2022 dalam rangka menyambut perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu umat Islam selepas menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Momen Idul Fitri atau Lebaran menjadi hari yang spesial karena bisa berkumpul dengan keluarga. Apalagi bagi yang harus merantau dan jauh dari orangtua, di saat Lebaran bisa melepas rindu dengan orang tersayang.

Apel Kesiapan Malam Takbiran, Sholat Ied dan Tempat Wisata 2022 dipimpin langsung oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan di dampingi Kepala Polisian Resor (Kapolres) Paser AKBP Kade Budiyarta beserta Dandim 0904/Paser Letkol Inf Ronald Wahyudi di halaman Polres Paser, Minggu (01/05/2022).

Apel gabungan ini diikuti oleh 103 personel terdiri dari anggota Polres, Kodim 0904/Paser, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan bagi umat muslim dan budaya di Indonesia. Setiap tahun di Hari Raya Idul Fitri mengalami peningkatan aktivitas masyarakat.

“Ini berpotensi mengganggu kemanan dan ketertiban jika tidak di atur dengan baik,” kata dr. Fahmi Fadli.

dr. Fahmi menjelaskan tahun ini antusias masyarakat Kabupaten Paser menyambut Hari Raya Idul Fitri sangat ditunggu umat muslim. Hal itu disebabkan dengan diperbolehkannya pelaksanaan malam takbiran dan mudik yang sebelumnya terhalang karena pandemi Covid-19.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli berpesan kepada seluruh personil untuk menjaga situasi agar selalu kondusif, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri dalam merespon kejadian yang mengganggu masyarakat.

“Laksanakan pelayanan dan pengamanan dengan tulus, ikhlas, dan penuh tanggung jawab,” Ucap Bupati Paser tersebut

Ia juga mengingatkan masyarakat yang mudik untuk menjaga kondisi tubuh serta mematuhi protokol Covid-19.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah, semoga hal yang kita lakukan berbuah pahala dan berkah,” ujarnya.

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta menjelaskan pihaknya telah menyiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

“Silahkan masyarakat memanfaatkannya, kami siap melayani,” kata Kade.

Kade mengatakan di setiap pos telah disiapkan fasilitas kesehatan, tempat pelaksanaan vaksin dosis 1,2 dan boster, serta bengkel gratis serta di Long Ikis telah disiapkan area istirahat dan kantin gratis bagi pemudik.

Ia mengimbau masyarakat yang lelah saat berkendara untuk bersitirahat sejenak di rest area yang telah disiapkan.

“Kami menyiapkan 20 Pos di Kabupaten Paser terbagi atas pos pelayanan dan kemananan. Agar mudik aman, lancar dan sehat,” terang Kade.

Sementara Dandim 0904/Paser Letkol Inf Ronald Wahyudi menjelaskan Operasi ketupat Mahakam ini dilakukan hingga tanggal 9 Mei.

“Sehingga kami telah mengantisipasi arus mudik dan arus balik, ujarnya.

Sehabis apel Bupati beserta kapolres dan dandim meninjau Pos Penjagaan di Tugu Simpang lima. Bupati mengapresiasi para personil dengan memberikan bingkisan.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *