Pimpin Apel Siaga Serentak Pencegahan Karhutla, Wabup Masitah : Waspadai Titik Panas

TANA Paser, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf memimpin apel siaga serentak pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Paser, Kamis (22/6/2023).

Hadir dalam acara unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta,Komandan Kodim (Dandim) 0904/Paser Letkol Inf Ary Susatyo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ruslan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja M. Guntur dan para Satgas Karhutla kabupaten paser

Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan wilayah Kalimantan Timur dan Kabupaten Paser secara khusus merupakan daerah rawan karhutla, hal ini terutama karena faktor manusia. Perlu ada upaya pencegahan dan penanggulangan akan hal ini apalagi Kaltim masuk urutan ke 24 di Indonesia dengan tingkat kasus karhutlanya.

“Dan juga menurut BMKG terdeteksi ada 30 titik panas di Kaltim, yang merupakan indikator awal kebakaran hutan dan lahan,” kata Masitah.

Masitah mengimbau kepada seluruh pihak untuk mencegah karhutla dengan mewaspadai beberapa titik panas agar tidak bertambah.

“Jangan lengah dan antisipasi sedini mungkin agar kasus karhutla tidak meluas, meskipun kita memiliki hospot / titik panas,” ucap Masitah.

Masitah menjelaskan sinergi Pemkab Paser dengan TNI, Polri, BNPB dan satgas karhutla perlu ditingkatkan untuk mengurangi dampak negatif karhutla.

Berapa hal yang harus ditingkatkan kata Masitah antara lain peningkatan status kedaruratan, patroli terpadu, patroli darat juga udara yang menyangkut patroli mandiri dan pemasan dini.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *