Sewa Helikopter, Pemkab Paser Kirim Bantuan Korban Banjir Desa Kepala Telake

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Daerah Kabupaten Paser akhirnya menyewa helikopter untuk mengirim logistik ke ke korban terdampak banjir di Desa Kepala Telake, Kecamatan Long Kali, Sabtu (9/10/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Salman, mengatakan pengiriman menggunakan helikopter merupakan alternatif terakhir dilakukan karena sulitnya medan menuju lokasi akibat banjir. Sementara warga korban terdampak banjir sangat membutuhkan bantuan logistik seperti bahan makanan pokok.

“Warga di sana terisolir, sementara mereka sangat membutuhkan bantuan, khususnya bahan pokok, ” kata Salman.

Tiga orang warga desa membantu mengangkat bahan pokok dari Pemerintah Kabupaten Paser, di halaman sekolah desa Kepala Telake, Sabtu (9/10/2021).

Butuh waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai di lokasi menggunakan angkutan udara itu. Dalam kondisi normal atau cuaca baik untuk menuju desa Kepala Telake butuh waktu 5 sampai 6 jam dari simpang Pait Long Ikis, sementara dalam kondisi hujan memakan waktu kurang lebih satu hari.

Sementara untuk pengangkutan logistik keberangkatan di lokasikan di Lapangan Bola Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis.

Bahan makanan pokok yang dikirim berupa mie instan, beras, minyak goreng, teh kotak, telur, garam, mie kotak, pampers, susu.

Menurut Salman, bantuan yang dikirim itu diperkirakan cukup untuk kebutuhan selama 10 hari ke depan.

“Laporan dari Kades, dalam waktu 10 hari ke depan, jembatan penghubung sudah bisa berfungsi untuk keluar masuk warga Kepala Telake,” katanya.

Pengiriman logistik menggunakan helikopter itu dilakukan tiga rit atau tiga kali angkut. Pemkab Paser menyewa untuk dua jam dengan biaya sewa Rp. 45 juta per Jam.
“Pengiriman logistik hari ini kemungkinan selesai tiga rit, kalo misalnya tidak selesai kita
perpanjangan sewa, ” kata Salman.

(Tim Media Center Pemkab Paser).

Total Views: 615 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *