Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Air Bersih, Pemkab Paser Lakukan Studi Banding Ke Pemkot Tangerang

JAKARTA, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Paser melakukan studi banding ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terkait pengelolaan air bersih. Kegiatan ini berlangsung di ruang Akhlaqul Karimah Sekretariat Daerah Pemkot Tangerang, Kamis (12/01/2022).

Dalam kunjungan ini Bupati Fahmi beserta jajarannya diterima Wakil Walikota Tangerang Drs. H. Sachrudin beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suwarman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Hj. Yeti Rohaeti, Dirut Perumda Tirta Benteng H. Sumarya dan Direktur Umum Doddy Effendi, Direktur PT. Paesa Panal Banjarnahor selaku pihak swasta yang bekerjasama dalam pengelolaan air bersih di Kota Tangerang.

Hadir mendampingi Bupati Paser dr. Fahmi Fadli Sekda Paser Katsul Wijaya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kandilo Kabupaten Paser Ina Rosana, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Hulaimi, Kepala Bappeda Litbang M. Isnaini Yanuardi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Hasanuddin.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan Pemkab Paser memilih Kota Tangerang dalam studi banding karena program pengelolaan air bersih kota ini memberikan dampak signifikan terhadap pengelolaan dan pengembangan pelayanan dan distribusi air bersih di wilayah Tangerang.

Dalam studi banding ini Bupati Paser dr. Fahmi Fadli berharap akan menambah informasi sebelum menetukan kebijakan terhadap Perumda Tirta Kandilo dalam pengembangan dan pengelolaan air bersih.

Fahmi Fadli menjelaskan masalah air merupakan suatu kewajiban Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memenuhi standar pelayanan untuk meningkatkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat.

“Kami ingin mempelajari secara langsung bagaimana mengelola air bersih untuk memenuhi standar masyarakat, sehingga meningkatnya taraf hidup masyarakat,” kata Fahmi Fadli.

Sementara Wakil Walikota Tangerang Sachruddin menjelaskan Pemkot Tangerang sebelumnya mengalami kesulitan dalam pembiyaan pengembangan dan pengelolaan air bersih.

Untuk itu Pemkot Tangerang melakukan berbagai langkah antara lain membuat kajian untuk pengelolaan air bersih dapat memberikan manfaat optimal ke masyarakat, bernilai ekonomis jika bekerjasama dengan pihak swasta.

“Kami Pemkot Tangerang bersama Perumda Tirta Benteng mengelola air bersih dengan kerjasama yang dikelola pihak ketiga dan Kerjasama Berdasarkan Angsuran (KBA),” ujar Sachruddin.

Setelah berdiskusi Bupati Paser dr. Fahmi Fadli beserta jajaran Pemkab Paser berkunjung ke lokasi Bangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala di Kota Tangerang.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Total Views: 21 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *