Wabup Masitah Lepas Lomba Balap Biduk Alus di Desa Samurangau

Tana Paser, MCKabPaser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf melepas peserta lomba balap perahu kecil (biduk alus) di Sungai Kandilo Zona 1 Eco Park Samurangau, Kecamatan Batu Sopang, Sabtu (19/8/2023).

Sebanyak 50 peserta mengikuti lomba balap biduk alus ini yang berasal dari Kecamatan Long Kali, Kecamatan Long Ikis, Desa Tanah Periuk, Damit, Bekoso, Long Pinang, dan daerah pesisir lainnya. Tampak antusias masyarakat yang memadati sekitar area untuk menonton dan memberi semangat para peserta.

Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf dalam sambutannya mengatakan Desa Samurangau telah secara rutin mengadakan lomba biduk alus, baik saat HUT Kemerdekaan RI maupun HUT Desa.

“Semoga desa ini menjadi pioner untuk melestarikan adat budaya kita yaitu lomba balap biduk alus,” kata Masitah.

Lomba balap biduk alus sendiri merupakan salah satu kreasi budaya yang mendapatkan tempat sendiri di hati masyarakat. Hal ini juga merupakan ajang silahturahmi, mempromosikan pariwisata dan kedepannya akan menjadi agenda rutin dari Dinas Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser.

“Hal ini perlu diapresiasi karena sebagai wujud pelestarian budaya,” ujar Masitah.

Masitah berpesan kepada para peserta untuk menjunjung tinggi sportifitas dan menjaga silaturahmi. “Jaga keselamatan, dan silaturahmi antar peserta,” pesannya.

Sementara Kepala Desa Samurangau Masrani mengatakan tujuan perlombaan ini selain memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke – 78, juga memperkenalkan wisata Eco Park Zona 1 Desa Samurangau.

“Dengan perlombaan seperti ini UMKM masyarakat juga akan meningkat,” kata Masrani.

Adapun hadiah bagi para pemenang yakni, juara pertama mendapatkan piagam dan uang pembinaan 3 juta, juara kedua piagam dan uang pembinaan 2 juta, dan juara ketiga piagam dan uang pembinaan 1,5 juta.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *