Wabup Paser Serahkan Lima Kendaraan dan Peralatan Pemadam Karhutla

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Kaharuddin menyerahkan lima kendaraan dan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) dana reboisasi melalui DPPA BPBD tahun 2020, di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Selasa (12/01/2021).

“Mutasi peralatan dan kendaraan operasional ke kecamatan, kiranya dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik sesuai fungsinya dalam penanganan karhutla,” kata Wabup Paser Kaharuddin dalam sambutannya.

Lima kendaraan pemadam karhutla itu diperuntukkan empat kecamatan dan satu untuk BPBD. Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pasir Belengkong, Batu Engau, Long Kali, dan Kecamatan Long Ikis.

Adapun peralatan pemadam kebakaran diberikan ke seluruh kecamatan selain Kecamatan Tanah Grogot.

Wabup Paser Kaharuddin mengajak seluruh pemangku kepentingan dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan karhutla.

“Agar bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan perlindungan dan edukasi kepada masyarakat baik dalam bentuk pencegahan maupun pada saat situasi darurat bencana karhutla,” ungkap Kaharuddin.

Kepala Pelaksana BPBD Paser Edward Effendi mengatakan bantuan kendaraan tersebut diprioritaskan bagi kecamatan yang rawan terjadi karhutla.
“Empat kecamatan yang mendapat bantuan kendaraan ini adalah kecamatan yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ujar Edward.

BPBD Paser kata dia, telah mengusulkan bantuan serupa untuk kecamatan yang belum mendapatkan bantuan.

“Kami usulkan kendaraan roda dua dan roda empat untuk kecamatan yang belum dapat di tahun 2021,” ujarnya.

Dengan dipenuhinya sarana pemadam karhutla, Edward berharap penangangan karhutla di kecamatan tersebut bisa optimal.

“Semoga setelah ada kendaraan ini penanganan lebih cepat. Sejauh ini koordinasi kecamatan dengan BPBD cukup baik dalam penanganan karhutla,” tutur Edward.

Pewarta : Adhitia/Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 679 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *